Jumat, 11 Sep 2020 19:09 WIB

5 Makanan yang Dipercaya Bisa Bikin Cairan Sperma Lebih Kental

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi sperma Foto: iStock
Jakarta -

Cairan sperma atau air mani merupakan cairan kental berwarna putih yang dikeluarkan pria saat ejakulasi. Cairan sperma encer kerap dipercaya bisa mengganggu kesuburan pria.

Menurut ahli pada dasarnya jumlah sperma dalam air mani yang mempengaruhi tingkat kesuburan. Cairan yang encer belum tentu jadi tanda mandul.

Namun, bagi yang masih khawatir, masalah cairan sperma encer disebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi beberapa makanan. Dikutip dari Practo berikut 5 makanan yang bisa bantu sperma menjadi kental.

1. Telur

Telur merupakan makanan praktis dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya yaitu meningkatkan jumlah sperma. Hal ini karena vitamin E dan protein pada telur, melindungi sperma dari radikal bebas yang dapat menurunkan jumlah sperma.

Mengonsumsi telur secara rutin membantu produksi cairan sperma yang kental dan sehat.

2. Pisang

Kandungan vitamin A, B1, dan C pada pisang membantu pria menghasilkan sperma yang lebih sehat. Tak hanya itu, pisang juga mengandung enzim bromelain, yaitu enzim anti-inflamasi yang bisa meningkatkan jumlah sperma dan mencegah sperma encer.

3. Brokoli

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, pria yang mengkonsumsi brokoli setiap hari dapat meningkatkan jumlah sperma sebanyak 70 persen. Sebab, kandungan asam folat diketahui meningkatkan kesuburan pria. Dengan begitu, jumlah sperma akan melimpah dan kental.

4. Buah delima

Buah delima memang dipercaya ampuh meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kualitas air mani, sehingga sperma tidak encer. Hal ini karena kandungan antioksidan dapat melawan radikal bebas di dalam aliran darah.

5. Makanan kaya akan zink

Zink berperan penting dalam kualitas sperma. Kandungan mineral pada zink memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan mineral menyebabkan produksi sperma rendah dan menjadi encer.

Umumnya, makanan kaya akan zink bisa didapat dari daging merah dan kacang-kacangan. Cobalah rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung zink agar sperma menjadi kental.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)