Senin, 14 Sep 2020 21:00 WIB

Pria Wajib Tahu, Ini Bau Mr P yang Sehat

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
yellow banana and the hand in the white background Ilustrasi Mr P. (Foto: iStock)
Jakarta -

Penis merupakan organ intim yang sangat penting bagi reproduksi pria sehingga kebersihannya harus tetap dijaga. Umumnya, tanda penis yang sehat adalah mengalami ereksi secara teratur. Namun, bau yang muncul pada penis bisa menjadi salah satu tanda ada masalah pada organ vital tersebut.

Pada beberapa kondisi, penis memunculkan bau yang berbeda-beda yang membuat pria khawatir. Apakah bau tersebut merupakan tanda penis dalam keadaan sehat atau sebaliknya. Lantas, seperti apa bau penis yang sehat?

Mike Bohl, MD, MPH, dari klinik kesehatan pria digital Roman, dikutip dari Health, mengatakan bahwa beberapa organ tubuh yang tertutupi kulit, seperti penis, pada dasarnya tidak memiliki bau. Tetapi, penggunaan produk tertentu seperti sabun dapat menimbulkan bau.

"Misalnya jika mencium aroma lengan bawah sekarang, maka tidak akan ada bau. Kecuali jika Anda baru saja mandi, memakai parfum atau lotion," jelasnya.

Pada dasarnya, penis yang sehat dan bersih tidak akan memunculkan bau apapun, kecuali jika penis habis dibersihkan menggunakan sabun. Jadi, ketika penis mulai berbau tidak sedap, ini bisa menjadi tanda mulai ada masalah kesehatan yang muncul.

Menurut Mike, ada beberapa penyebab mengapa penis bisa berbau sepanjang hari salah satunya disebabkan oleh kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin hanya ditemukan pada bagian tubuh tertentu, seperti ketiak dan selangkangan. Selain itu, adanya kelenjar ekrin yang membuat penis berbau kecut.

"Sebagian besar tubuh ditutupi oleh kelenjar keringat yang disebut kelenjar ekrin, yang mengeluarkan air garam dan baik untuk mendinginkan tubuh," ucapnya.

Selain itu penis yang bau juga bisa terjadi apabila pria mengidap infeksi saluran kemih (ISK). Ketika seorang pria mengidap ISK, ia akan mengalami tiga gejala seperti buang air kecil yang menyakitkan, beser, dan urine berbau sangat kuat dan amis. Air seni yang tertinggal di penis dan sekitarnya dapat menyebabkan bau yang sangat menyengat.

Membersihkan dengan tepat dan rutin dapat membuat penis tetap sehat dan bersih serta menghindari infeksi dan mengurangi bau tak sedap pada penis.



Simak Video "Seks Aman Saat Pandemi Corona Bersama dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)