Senin, 14 Sep 2020 21:47 WIB

Seberapa Sering Harus Ejakulasi Agar Tak Kena Kanker Prostat?

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi ereksi Sering ejakulasi disebut bisa mengurangi risiko kanker prostat (Foto: iStock)
Jakarta -

Sering orgasme diyakini membuat pria terhindar dari risiko kanker prostat. Yang kemudian jadi pertanyaan adalah, harus seberapa sering agar risiko tersebut benar-benar bisa berkurang?

Kenyataannya adalah setiap pria memiliki frekuensi ejakulasi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, tidak ada panduan yang pasti tentang berapa kali seorang pria idealnya mengalami ejakulasi.

Namun, sebuah studi yang dilaporkan oleh para peneliti di Harvard Medical School mengungkapkan bahwa ejakulasi sebanyak 21 kali dalam sebulan memiliki risiko 31 persen lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan pria yang mengalami ejakulasi antara 4-7 kali dalam sebulan.

Dikutip dari Readers Digest, sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa pria yang mengalami ejakulasi rata-rata 4,6 hingga 7 kali dalam seminggu lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis kanker prostat.

Beberapa peneliti juga meyakini bahwa ejakulasi dapat membersihkan prostat dari racun yang menyebabkan peradangan. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang mendukung teori ini.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)