Jumat, 18 Sep 2020 19:28 WIB

3 Hal Penting untuk Diingat Sebelum Menjajal Seks Oral

Thalitha Yuristiana - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Seks oral termasuk variasi seks yang cukup populer (Foto: iStock)
Jakarta -

Seks oral menjadi salah satu aktivitas seksual yang sering dilakukan. Kegiatan ini berupa praktik menstimulasi alat kelamin baik pria maupun wanita.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan seks oral. Catat 3 hal berikut.

1. Memicu bakteri vaginosis

Risiko ini paling rentan dialami oleh perempuan. Terlebih jika anda Anda aktif secara seksual dan tidak memakai kondom. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa bakteri di mulut akan berada di dalam vagina.

Pada dasarnya, bakteri vaginosis tidak berbahaya namun memerlukan penanganan yang tepat dan cepat. Untuk mendeteksinya, kalian bisa melihat perubahan warna dan bau pada cairan vagina. Warnanya akan berubah menjadi putih keabu-abuan. Sedangkan baunya akan lebih amis.

Jika dibiarkan, bakteri vaginosis akan minimbulkan gejala keputihan berbau busuk, nyeri saat buang air, vagina gatal dan iritasi. Bakteri vaginosis pada ibu hamil, akan menyebabkan kelahiran prematur.

2. Berisiko menularkan penyakit

Selain memicu bakteri vaginosis, seks oral juga dapat menyebarkan penyakit berbahaya seperti zika, kencing nanah dan HPV.

"Banyak kasus infeksi menular seksual tidak menunjukkan gejala apapun," jelas Kenna Cook, ahli seks, dikutip dari Bustle.

3. Cara melakukan seks oral dengan aman

Untuk meninimalisir risiko penyebaran penyakit, salah-satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan kondom. Dr Rosser, asisten profesor bidang obstetri dan ginekologi Colombia University, mengatakan bahwa kondom sangat penting untuk mengindari kontak langsung mulut dan kelamin.

Selain menggunakan kondom, pemeriksaan berkala juga dapat dilakukan untuk meminimalisirkan risiko.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)