Sabtu, 19 Sep 2020 19:04 WIB

Pria Harus Tahu! 4 Kebiasaan yang Bikin Sperma Nggak Tokcer

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi sperma Penyebab sperma tidak tokcer. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Banyak orang yang beranggapan bahwa laki-laki jantan adalah mereka yang punya sperma tokcer atau berkualitas baik. Hal ini dikarenakan sperma yang sehat mampu memperbesar peluang kehamilan.

Memiliki sperma yang berkualitas baik tentu diidamkan kaum adam. Akan tetapi ada beberapa kebiasaan yang justru bisa membuat sperma jadi nggak tokcer.

Mengutip laman Today's Parent, berikut 4 kebiasaan yang bikin sperma nggak tokcer:

1. Merokok

Ari Baratz, seorang spesialis kelamin di Create Fertility Centre menyampaikan bahwa racun yang terdapat pada rokok yang masuk ke dalam tubuh akan mengalir dari paru-paru melalui sistem peredaran darah ke testis. Oleh sebab itu, kebiasaan merokok sangatlah merusak kualitas sperma.

Selain itu, sebuah studi tahun 2015 di American Journal of Epidemiology menyebut, kebiasaan merokok dapat menurunkan 28 persen kuantitas sperma.

2. Stres

Para peneliti di Mailman School of Public Health Columbia University menyampaikan bahwa pria yang mudah stres lebih cenderung memiliki konsentrasi sperma yang rendah. Sebab, stres menyebabkan peningkatan kadar hormon glukokortikoid, yang berdampak negatif pada produksi testosteron dan sperma.

3. Pakai celana dalam ketat

Celana dalam ketat dapat membuat rasa nyeri pada kantung buah zakar (skrotum). Ari Baratz menyampaikan bahwa celana dalam yang ketat dapat membuat testis tak dapat mengatur suhu untuk menghasilkan sperma yang sehat.

"Suhu ideal untuk produksi sperma adalah beberapa derajat lebih rendah dari suhu tubuh," ujar Ari Baratz.

4. Terlalu banyak duduk

Paparan panas yang diakibatkan karena terlalu banyak duduk, rupanya dapat memengaruhi produksi sperma. Oleh sebab itu, Caitlin Dunne, seorang dokter kelamin di Pacific Centre for Reproductive Medicine menyarankan untuk meletakan bantal di atas tempat duduk bila kamu ingin duduk dalam kurun waktu yang lama, seperti menyetir mobil dan bekerja di depan laptop.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)