Minggu, 13 Sep 2020 20:23 WIB

4 Warna Sperma dan Artinya, Mana yang Paling Tokcer?

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi sperma Warna-warni sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Kesuburan seorang pria ditentukan oleh kualitas sperma. Butuh pemeriksaan laboratorium untuk memastikannya, tetapi bisa juga dikira-kira dari penampakannya.

Salah satunya dari warna cairannya. Normalnya memang berwarna putih, tetapi pada kondisi tertentu cairan sperma bisa berubah warna.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 4 warna sperma yang menandakan kondisi kesehatan:

1. Putih

Sperma yang jernih, berwarna putih, atau keabu-abuan merupakan kondisi sperma yang sehat dan normal. Pada dasarnya, ciri-ciri sperma putih dan keabu-abuan memiliki tekstur kental dan cenderung pekat. Hal ini karena jumlah sel sperma cukup tinggi.

Kondisi sperma berwarna putih dan keabu-abuan, merupakan langkah yang tepat saat merencanakan kehamilan bersama pasangan. Sebab, warna sperma tersebut adalah ciri-ciri pria mengalami kesuburan.

2. Kuning

Warna sperma yang kuning belum tentu menandakan adanya gangguan kesehatan. Sebab, bisa saja cairan sperma bercampur dengan urine di saluran uretra atau karena seseorang sudah lama tidak ejakulasi.

Namun, perlu diperhatikan bahwa adanya kemungkinan lain yang menyebabkan sperma selalu berwarna kuning. Adanya indikasi kamu mengalami leukocytospermia, yaitu infeksi karena kondisi tingginya jumlah sel darah putih di dalam air mani.

3. Hijau

Sperma berwarna kehijauan menandakan kamu terkena infeksi. Umumnya, infeksi yang menyerang area kantung kemih maupun infeksi menular seksual (IMS). Kamu, perlu berhati-hati dengan penyakit menular seksual dari pasangan. Sebaiknya konsultasi dengan dokter agar mengetahui penyebab sperma berwarna hijau.

4. Merah

Kondisi sperma berwarna merah muncul karena hematospermia atau adanya darah di dalam sperma. Dalam beberapa kasus, sperma berwarna disebabkan oleh masturbasi yang terlalu kasar. Tetapi, bisa saja adanya infeksi prostat. Jika mengalami sperma berwarna merah, sebaiknya segeralah periksa ke dokter.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)