Kamis, 22 Okt 2020 19:31 WIB

Sperma Bikin Wajah Glowing, Benar Nggak Sih? Ini Faktanya

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
ilustrasi sperma Benarkah sperma bisa bikin wajah jadi glowing? (Foto: iStock)
Jakarta -

Sperma disebut-sebut mengandung banyak nutrisi antara lain protein, zink, magnesium, kalsium, potasium, dan fruktosa. Kandungan tersebut dipercaya berkhasiat menyehatkan kulit wajah dan menghilangkan jerawat.

Karenanya, beberapa orang menjadikan sperma sebagai masker wajah. Amankah hal itu dilakukan?

Dikutip dari Healthline, menggunakan sperma di area wajah justru berpotensi mengakibatkan reaksi alergi. Selain itu, sperma yang digunakan pada wajah kemungkinan dapat terjadinya infeksi menular seksual yang ditularkan melalui cairan semen.

Selama ini, anggapan sperma bisa menghilangkan jerawat dikaitkan dengan kandungan sperma yakni zat anti-oksidan dan anti-inflamasi. Faktanya, hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut tentang khasiatnya sebagai masker wajah.

Justru, dampak negatif penggunaan sperma pada wajah dapat menyebabkan reaksi alergi parah hingga IMS.

1. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik kemungkinan bisa terjadi akibat alergi terhadap protein yang ditemukan dalam semen. Dermatitis atopik bisa mengakibatkan kulit merah, kering, atau bengkak yang bisa terasa sangat gatal.

2. IMS (infeksi menular seksual)

Semen dapat menyebabkan infeksi melalui selaput lendir yang ditemukan di bibir, lubang hidung, dan mata. Penyakit seperti herpes, klamidia, dan gonore dapat ditularkan dengan cara ini. Herpes okular, misalnya, dapat menyebabkan peradangan dan bahkan kehilangan penglihatan. Selain itu, juga bisa terjadi konjungtivitis klamidia, dengan gejala termasuk sensasi terbakar, kemerahan, dan keluarnya cairan dari mata.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)