Minggu, 25 Okt 2020 21:27 WIB

Miss V Terasa Longgar? Mungkin Ini Penyebabnya

Elsa Himawan - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Miss V terasa longgar karena faktor usia (Foto: iStock)
Jakarta -

Vagina longgar pastinya menurunkan kepercayaan diri wanita saat bercinta. Terlalu sering berhubungan seks seringkali dituduh-tuduh menjadi biang penyebabnya.

Faktanya, seks tidaklah mengubah elastisitas dari vagina. Ukuran rongga vagina akan melebar saat wanita terangsang dan kembali mengecil usai melakukan hubungan seks.

Dikutip dari Healthline, terdapat dua penyebab vagina bisa longgar, yaitu usia dan melahirkan. Bagi wanita berumur 40-an tahun, perubahan elastisitas vagina akan sangat terasa. Hal itu karena kadar estrogen akan mulai turun saat wanita memasuki tahap perimenopause.

Kurangnya estrogen akan membuat selaput vagina menjadi lebih tipis. Selain itu, vagina akan lebih kering, pH tidak seimbang, dan kulit tidak lagi elastis.

Untuk ibu yang melahirkan secara normal, wajar jika vagina menjadi longgar. Hal ini dikarenakan otot-otot vagina meregang agar bayi dapat melewati jalan lahir dan keluar dari pintu masuk vagina.

Akan tetapi tak perlu khawatir karena vagina akan mulai pulih kembali beberapa hari setelah melahirkan, walaupun mungkin tidak kembali ke bentuk aslinya sepenuhnya.

Memang, kedua faktor itu sulit dihindari karena setiap wanita pasti akan melewati faktor tersebut. Namun, bukan berarti wanita tidak bisa melakukan apapun untuk menjaga elastisitas vagina.

Latihan panggul atau senam kegel adalah cara yang bagus untuk memperkuat otot dasar panggul. Hal ini akan berdampak baik untuk menopang kandung kemih, usus halus, rahim, dan menjaga otot vagina agar tetap kencang.

Senam kegel sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Caranya hanyalah berbaring dengan tubuh terlentang, lalu kencangkan otot panggung dan lakukan kontraksi selama lima detik. Kemudian, rilekskan panggung selama lima detik lagi. Lakukan kegiatan ini sebanyak lima kali secara berulang.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)