Selasa, 03 Nov 2020 19:15 WIB

6 Fakta Unik Biji Kemaluan, Bentuk Tak Simetris hingga Dipengaruhi Suhu

Zintan Prihatini - detikHealth
Bananas and eggs Biji kemaluan bentuknya tidak selalu simetris (Foto: iStock)
Jakarta -

Testis merupakan organ penting dalam kesehatan reproduksi dan seksual pria. Ada banyak fakta menarik tersembunyi di balik testis pria, termasuk bentuknya yang tidak selalu simetris.

Selain jadi 'pabrik sperma', testis juga harus berada di suhu yang baik lho. Jika tidak, akan berpengaruh pada kualitas sperma.

Berikut rangkuman detikcom terkait fakta-fakta testis pria, dikutip dari Health.

1. 'Pabriknya' sperma

dr Michael Reitano dari Mens Health Roman menjelaskan testis bisa memproduksi sekitar 1.500 sperma setiap detiknya. Sekitar 90 ribu sperma setiap menit, dan 5,4 juta sperma yang diproduksi setiap jam.

Jadi ada 130 juta sperma yang bisa diproduksi setiap hari. Namun, jumlah produksi sperma tersebut tentu berbeda pada setiap pria.

2. Suhu testis mempengaruhi kualitas sperma

"Berada di luar tubuh tentu membuat alat reproduksi lelaki sangat rentan akan kontak dari luar. Untuk melindungi kualitas sperma, suhu testis selalu berada 5 derajat di bawah seluruh bagian tubuh lainnya," jelas dr Michael.

Otot pada skrotum atau kantung berkeriput yang membungkus testis berperan sebagi pengendali suhu untuk testis dengan menggerakkan mereka mendekati atau menjauhi tubuh ketika suhu udara naik atau turun.

Misalnya ketika testis menjadi dingin, skrotum akan berkontraksi dan menarik testis mendekati tubuh agar menjadi lebih hangat. Apabila terlalu panas, skrotum akan rileks dan melonggarkan testis.

3. Bentuk testis satu dengan lainnya berbeda

Testis sebelah kiri lebih pendek daripada testis sebelah kanan. Hal ini menyebabkan suhu pada satu testis bisa berubah tanpa mengenai testis lain, yang bisa terjadi apabila mereka bersentuhan.

Akibatnya, tubuh bisa menaikkan atau menurunkan suhu satu testis tanpa memengaruhi suhu lainnya. Perbedaan ini juga normal bagi pria, jika memiliki satu testis yang lebih besar, biasanya yang kanan lebih besar daripada yang kiri.

4. Sakit bila dipukul

Karena testis merupakan alat reproduksi yang sangat penting, namun tidak seperti ovarium, testis sangat mudah terluka karena posisi yang tergantung di luar tubuh. Akan sangat menyakitkan jika testis pria terkena pukulan atau apapun yang menyebabkan luka karena sifatnya yang sensitif.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]