Selasa, 10 Nov 2020 18:37 WIB

Sulit Terangsang Saat Bercinta? Ini 6 Kemungkinan Penyebabnya

Kanya Anindita - detikHealth
fantasi seksual Stres bisa jadi hambatan dalam gairah seksual. (Foto: iStock)
Jakarta -

Lubrikasi vagina pada wanita dan ereksi pada pria adalah salah satu tanda siap untuk bercinta. Namun, ada beberapa orang yang sulit mengalami hal tersebut, bahkan sulit terangsang saat berhubungan seks.

Dikutip dari Insider, berikut beberapa penyebab sulit terangsang saat berhubungan intim:

1. Tidak pemanasan sebelum bercinta

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memunculkan gairah sebelum bercinta, salah satunya berciuman selama beberapa detik. Jika pasutri tidak melakukan pemanasan sebelumnya, besar kemungkinan hubungan seks tidak mencapai klimaks kepuasan.

2. Infeksi jamur pada kelamin

Perlu diketahui bahwa alat kelamin rentan terkena infeksi jamur, terutama wanita. Keringnya vagina memunculkan jamur yang menyebabkan gatal sehingga sulit terangsang saat hubungan seks.

3. Berada dalam masa menyusui

Seorang wanita yang baru saja melahirkan cenderung mengalami perubahan hormon. Hormon tersebut adalah hormon prolaktin yang dapat merangsang laktasi sehingga melancarkan ASI. Namun, tingginya kadar prolatin pada ibu menyusui dapat menekan hormon ekstrogen sehingga vagina menjadi kering dan sulit terangsang secara seksual.

4. Fase menopause

Saat usia pertengahan 40, ovarium pada wanita mulai menghasilkan sedikit estrogen sehingga jaringan vagina menjadi tipis dan kering. Hal ini juga menyebabkan sulit terangsang dan mencapai kenikmatan saat hubungan seks.

5. Pemakaian obat jerawat

Kandungan isotretinoin pada obat jerawat dapat mengurangi produksi minyak sebum dan mengecilkan kadar minyak. Hal ini menyebabkan kekeringan pada kulit, mata, hidung, bahkan kekeringan pada vagina.

6. Faktor stres

Hindari hubungan seks saat sedang stres karena tubuh akan sulit terangsang. Cobalah untuk menenangkan diri dan komunikasikan dengan pasangan agar hubungan seks dapat mencapai klimaks.



Simak Video "Syarat Jadi Relawan Non-medis Penanganan Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)