Kamis, 12 Nov 2020 21:09 WIB

Yang Lajang Mohon Bersabar, Ini 6 Manfaat 'Cuddling' dengan Pasangan

Thalitha Yuristiana - detikHealth
ilustrasi pasangan Berpelukan memberikan banyak manfaat (Foto: iStock)
Jakarta -

Cuddle merupakan istilah yang cukup sering digunakan saat ini. Cuddle atau berpelukan merupakan salah satu bentuk pengungkapan rasa sayang kepada seseorang. Ternyata tak hanya sebagai bentuk ekspresi kecintaan, cuddle juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari WellandGood, Carla Marie Manly PhD, seorang psikolog klinis menyatakan bahwa berpelukan dapat membuat seseorang merasa dicintai dan aman. Pasutri dapat melakukan pelukan di manapun dan kapanpun untuk mengungkapkan rasa cinta.

Yuk simak manfaat cuddle bagi kesehatan berikut ini.

1. Membuat hubungan semakin intim

Menurut penelitian, tubuh akan melepas hormon oksitosin ketika berpelukan. Hormon oksitosin yang dihasilkan oleh hipotalamus otak ini adalah hormon dan neurotransmitter yang memiliki fungsi yang vital dalam reproduksi dan hubungan percintaan sehingga cuddle membantu memperkuat hubungan dengan pasangan.

Semakin sering cuddling dengan pasangan, semakin erat ikatan emosional. Tak hanya itu, ketika berpelukan tubuh juga menghasilkan hormon dopamin dan serotonin yang membuat Anda dan pasangan lebih bahagia.

2. Meningkatkan kepuasan seksual

Hormon oksitosin selain membuat hubungan menjadi lebih intim, ia juga berperan ketika Anda dan pasangan melaukan seks. Oksitosin dilepaskan tubuh saat berhubungan seks, serta berkontribusi dalam proses ereksi dan orgasme. Maka cuddle menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan guna meningkatkan kepuasan seksual.

Cuddle juga bisa menjadi pilihan menu foreplay.

3. Meredakan stres, rasa sakit dan ketakutan

Stres dapat diatasi dengan mudah lewat berpelukan. Menurut penelitian, ketika berpelukan, produksi hormon kortisol yang merupakan penyebab stres otomatis menurun. Sebaliknya, tubuh menghasilkan hormon dopamin dan serotonin yang membuat seseorang lebih bahagia dan dapat mencegah stres.

Cuddle juga membantu mengurangi rasa tegang dan rasa sakit. Tak hanya itu, salah satu penelitian yang dipublikasi oleh Psychological Science juga menemukan bahwa cuddle atau pelukan dapat mengurangi ketakutan baik berpelukan dengan manusia, hewan maupun guling.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]