Sabtu, 14 Nov 2020 19:00 WIB

Ciri-ciri Sperma Tak Sehat, Bagaimana Tekstur dan Warnanya?

Thalitha Yuristiana - detikHealth
ilustrasi sperma Ciri-ciri sperma tak sehat, bagaimana tekstur dan warnanya? (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Salah satu penyebab sulitnya pasangan suami istri untuk hamil adalah rendahnya kualitas sperma. Dikutip dari Medical News Today, kualitas sperma bisa ditentukan dari tekstur, jumlah, dan kemampuan geraknya.

Kualitas sperma dipengaruhi oleh semen atau air mani yang dihasilkan oleh pria. Air mani berfungsi sebagai kendaraan sperma untuk dapat melakukan pembuahan. Ciri dari sperma yaitu berwarna putih atau abu-abu yang dikeluarkan ketika ejakulasi.

Berikut ini ciri-ciri dari sperma yang tidak sehat yang perlu kamu tahu.

1. Jumlah sperma yang sedikit

Jumlah sperma normal berkisar dari 15 juta hingga lebih dari 200 juta sperma per mililiter. Kurang dari 15 juta sperma per mililiter, atau 39 juta sperma setiap ejakulasi, dianggap rendah atau tak sehat.

Jumlah sperma yang rendah sering disebut sebagai oligospermia. Jumlah sperma yang tinggi, atau di atas rata-rata, lebih dari 200 juta sperma per milimeter.

Ada beberapa tanda yang secara kasat mata dapat dilihat ketika jumlah sperma sedikit. Misalnya sel sperma tampak lebih encer dan berair.

Tanda sperma tidak sehat lainnya adalah warna sperma bukan lagi putih pekat ataupun kelabu. Beberapa pria mungkin mendapati sperma mereka cenderung bertekstur seperti air.

2. Kemampuan bergerak sperma tidak lincah

Sperma berkualitas atau tidak dapat dilihat dari kemampuan sperma bergerak. Semakin lincah sperma pria tersebut, maka semakin sehat sperma pria.

Diperkirakan 15-20 persen dari pasangan di seluruh dunia dipengaruhi oleh ketidaksuburan. Dari jumlah tersebut, ada 30 hingga 40 persen pria tak subur karena motilitas sperma atau kemampuan sperma bergerak.

3. Warna sperma yang tak sehat

Ciri sperma yang sehat biasanya berwarna putih atau abu-abu keputihan. Jika sperma berubah warna, kamu perlu khawatir karena bisa menjadi tanda terkait kesehatan sperma.

Namun, tak perlu khawatir jika warna sperma berubah menjadi kuning, ada kemungkinan tanda kondisi medis lain yang mendasarinya.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)