Senin, 07 Des 2020 07:11 WIB

Fakta-fakta Mr P yang Sering Ereksi di Pagi Hari

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi ereksi Foto: iStock
Jakarta -

Ereksi spontan di pagi hari merupakan hal yang biasa bagi pria. Namun, mungkin ada juga sebagian pria yang bertanya-tanya mengenai penyebab ereksi di pagi hari hingga menimbulkan rasa khawatir.

Dikutip dari Healthline, berikut lima fakta ereksi di pagi hari pada pria.

1. Rangsangan fisik

Ereksi spontan atau random boner, terjadi karena beberapa hal yang terjadi di dalam tubuh. Hal itu bisa jadi karena adanya rangsangan fisik. Misalnya ketika tidur, organ intim bisa saja bergesekan dengan sprei dan dianggap sebagai rangsangan. Sebagai respons, maka penis akan ereksi.

2. Perubahan hormon

Saat pagi hari, testosteron pria meninggi setelah bangun dari tahap rapid eye movement (REM). Peningkatan hormon ini mungkin menyebabkan ereksi, bahkan tanpa adanya stimulasi fisik.

Ketika usia bertambah biasanya antara usia 40 dan 50 tahun, kadar testosteron alami mulai turun, ketika level ini menurun, episode NPT bisa menurun juga. Tes ereksi nokturnal atau Nocturnal Penile Tumescence (NPT) memeriksa apakah seorang pria mengalami ereksi normal selama tidur.

Adanya kenaikan hormon testosteron secara mendadak bisa menjadi alasan penis ereksi secara spontan meski tak ada rangsangan fisik.

3. Relaksasi otak

Otak yang memasuki fase rileks bisa menyebabkan ereksi spontan. Selama terjaga, tubuh akan melepaskan hormon yang menekan ereksi. Namun ketika tubuh rileks, hormon ini bisa berkurang sehingga otak memerintahkan tubuh memompa darah ke penis.

4. Siapa saja yang mengalami ini?

Pria berbagai usia bisa mengalami ereksi saat tidur (NPT) dan merupakan pertanda darah dan sistem saraf berfungsi dengan baik di dalam maupun di sekitar penis. Anak laki-laki berusia enam hingga delapan tahun bisa mengalami NPT, begitu pun pada pria berusia 60-an dan 70-an.

Pria bisa mengalami ereksi tiga hingga lima kali setiap malam, tidak terkait dengan apa yang ada dalam mimpi. NPT dapat bertahan lebih dari 30 menit. Beberapa pria mungkin mengalami ereksi selama dua jam selama tidur dan ereksi akan berkurang dalam beberapa menit setelah bangun.

5. Kapan harus memeriksakan diri ke dokter?

Jika mengalami dua situasi ini, kamu wajib untuk memeriksakan diri ke dokter.

- Saat berhenti mendapatkan ereksi di pagi hari

Jika sebelumnya sering mengalami ereksi di pagi hari namun sekarang tidak sama sekali atau lebih sedikit, segera konsultasikan dengan dokter. Walaupun wajar jika episode NPT turun karena usia, penurunan frekuensi yang tiba-tiba mungkin mengindikasikan masalah medis.

- Ereksi terasa sakit

Biasanya ereksi pagi akan mereda dalam waktu 30 menit setelah bangun. Jika ereksi berlangsung lebih dari satu jam setelah bangun dan terasa sakit, maka perlu adanya pemeriksaan dokter.



Simak Video "Pacar Kamu Nafsuan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)