Minggu, 13 Des 2020 20:30 WIB

Deretan Penyebab Disfungsi Ereksi dan Cara Mengatasinya

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi ereksi Penyebab dan cara mengatasi disfungsi ereksi (Foto: iStock)
Jakarta -

Disfungsi ereksi merupakan kondisi yang menjadi masalah utama di mana pria tidak mampu untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk melakukan hubungan seksual. Kondisi ini juga disebut sebagai impotensi.

Banyak yang mengalaminya saat sedang stres, hal itu terjadi ketika seorang pria tidak bisa 'bangun' karena pikiran atau perasaan yang menahannya. Namun jika disfungsi ereksi disebabkan karena masalah kesehatan fisik dan cenderung bertahan lebih lama, maka diperlukan perawatan ahli.

Penyebab disfungsi ereksi

Penyebab disfungsi ereksi ada dua yaitu faktor psikologis dan fisik. Faktor psikologis disfungsi ereksi disebabkan depresi dan kecemasan yang menyebabkan terhambatnya libido akibat perasaan sedih dan khawatir. Masalah hubungan maupun kurangnya pengetahuan seksual juga bisa menjadi penyebabnya.

Sedangkan faktor kesehatan fisik disebabkan empat kondisi, di antaranya:

  • Gangguan vaskulogenik seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes yang memengaruhi aliran darah ke penis.
  • Kondisi neurogenik, yang memengaruhi saraf seperti penyakit parkinson dan multiple sclerosis.
  • Gangguan hormonal, yaitu perubahan hormon pada pria.
  • Bertambahnya usia juga menjadi faktor penyebab disfungsi ereksi.

Cara mengatasi disfungsi ereksi

Berbagai pengobatan untuk disfungsi ereksi bisa digunakan, tergantung pada penyebabnya. Beberapa penyebabnya dapat diobati dengan pengobatan maupun mengubah gaya hidup seperti menurunkan berat badan, berhenti merokok, mengurangi alkohol, lebih banyak berolahraga, dan mengurangi stres.

Dikutip dari The Sun, semangka bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi disfungsi ereksi. Buah ini memiliki berbagai manfaat kesehatan termasuk relaksasi pembuluh darah yang dapat mengalirkan darah ke penis.

Ilmuan di University of California menemukan bahwa diet mediterania terbukti membantu mengurangi disfungsi ereksi. Diet mediterania merupakan pengaturan pola makan yang menekankan konsumsi makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)