Selasa, 15 Des 2020 19:30 WIB

Biar Miss V Tetap Sehat dan Kencang, Jangan Lewatkan 6 Makanan Ini

Kanya Anindita - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background 6 makanan yang bikin vagina sehat dan kencang. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Apa yang kita konsumsi tentu berpengaruh pada kesehatan tubuh kita mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Maka dari itu, perlu diperhatikan kandungan apa saja dalam makanan yang kita konsumsi agar terhindar dari penyakit.

Kesehatan vagina didapat dari pola hidup yang sehat. Hubungan seks antara pasutri dapat berjalan dengan lancar apabila vagina memiliki kondisi yang baik.

Dikutip dari The Healthy, berikut enam makanan yang membantu menjaga kesehatan vagina:

1. Kimchi

Makanan asal Korea Selatan ini diketahui membantu mempertahankan kesehatan usus dalam tubuh, termasuk vagina. Kimchi merupakan jenis makanan yang terbuat dari sayuran hasil fermentasi dengan campuran bahan-bahan yang sehat.

2. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Untuk hasil lebih optimal, cobalah mengonsumsi ikan ini dua kali dalam seminggu.

"Asam lemak esensial ditemukan di membran setiap sel di tubuh kita dan terbukti membantu memperbaiki kekeringan vagina pada wanita menopause," kata Staci Small, RD, pemilik The Wellness Philosophy di Indianapolis.

3. Yogurt

Makanan hasil fermentasi ini kaya akan probiotik yang membantu mengisi usus dan vagina dengan mikroba sehat. Yogurt yang dikonsumsi harus berupa yogurt tanpa rasa agar tidak ada tambahan asupan gula, sebab gula berlebih dapat merusak tubuh secara perlahan.

4. Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh yang sehat dalam alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun membantu menjaga hormon seks dalam tubuh. Jika hormon tersebut tidak berjalan dengan baik atau kadar estrogen terlalu rendah, bisa jadi vagina terlalu kering sehingga sakit saat berhubungan seks.

5. Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh kelenjar adrenal untuk menghasilkan hormon seks. Vitamin C juga penting dalam sintesis kolagen untuk elastisitas otot dan jaringan, termasuk bagian vagina,

6. Telur

Kekurangan vitamin D membuat wanita berisiko terkena infeksi vagina yang disebut bakterial vaginosis (BV). Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, salah satunya telur, dapat membantu mencegah terkena penyakit tersebut.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)