Selasa, 15 Des 2020 20:00 WIB

Tiba-tiba Nyeri Perut Usai Bercinta? Waspadai 5 Bahaya yang Mengintai

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi pasangan bercinta Hal-hal yang menyebabkan sakit perut usai bercinta. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Mual atau perut sakit setelah berhubungan seks merupakan hal wajar yang dialami oleh pasutri. Namun, banyak dari mereka yang kurang mengetahui penyebab munculnya sakit perut tersebut.

"Beberapa kasus sakit perut akibat bercinta perlu penanganan dokter, jika belum parah hanya memerlukan obat penghilang rasa sakit," ungkap Erin Carey, MD, asisten profesor dan direktur divisi Bedah Ginekologi Minimal Invasive University of North Carolina.

Dikutip dari Woman's Health, berikut lima penyebab sakit perut setelah bercinta:

1. Penetrasi terlalu dalam

"Penetrasi terlalu dalam dapat merusak organ panggul, seperti uterus dan leher rahim. Kerusakan pada organ tersebut dapat mengakibatkan respons vagal, yang menyebabkan mual," kata dr Erin Carey.

Respons vagal adalah respon otomatis dalam tubuh yang terjadi akibat dari rangsangan saraf vagus dan menghubungkan dengan beberapa organ tubuh lainnya. Selain itu, penetrasi terlalu dalam juga menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

2. Orgasme

Meskipun orgasme dikatakan sebagai salah satu puncak dari hubungan seks, nyatanya hal ini dapat menimbulkan rasa mual. Orgasme membuat rahim berkontraksi sehingga bisa menyebabkan pusing dan sakit perut sebagai reaksinya.

3. Fibroid atau kista ovarium

Hubungan seks mungkin mengenai kista ovarium atau fibroid dalam tubuh sehingga menimbulkan rasa sakit. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada tulang panggul Anda dan rasa mual pada perut.

4. Endometriosis

"Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan lapisan rahim tumbuh di luar rongga rahim dan menyebabkan rasa sakit seksual yang tidak diinginkan selama penetrasi," kata Janet Brito, PhD, seorang psikolog klinis dan seksolog di Honolulu.

Endometriosis menimbulkan rasa mual pasca bercinta. Penyakit ini perlu penanganan dokter secepatnya.

5. Makanan tertentu

Hal ini bisa terjadi jika pasutri atau salah satu individu mempunyai alergi terhadap makanan tertentu. Rasa mual setelah berhubungan seks merupakan reaksi akibat mengonsumsi makanan tersebut.

Disarankan agar pasutri saling berkomunikasi perihal makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi. Jika tidak, hubungan seks kurang berjalan dengan baik dan tidak mencapai klimaks.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)
DMentor
×
Punya 11 Properti Dalam 2 Tahun
Punya 11 Properti Dalam 2 Tahun Selengkapnya