Jumat, 18 Des 2020 19:26 WIB

Heboh Prostitusi Online, Kenali Beragam Jenis Perilaku Seks Berisiko

Kanya Anindita - detikHealth
Artis TA ditangkap polisi di Bandung terkait prostitusi online Artis berinisial TA tersandung prostitusi artis (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Jakarta -

Jagat hiburan kembali dihebohkan dengan kasus prostitusi yang melibatkan aktris sekaligus model dengan inisial TA. Ia diamankan oleh personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar di salah satu hotel di kawasan Bandung pada Kamis (17/12/2020).

Prostitusi yang menyediakan jasa hubungan seksual dengan pasangan sesuai pesanan, sebetulnya termasuk perilaku seks berisiko. Pihak yang terlibat lebih mudah terkena penyakit menular seperti infeksi menular seksual (IMS).

Selain prostitusi, ada beberapa jenis atau aktivitas seks yang juga berisiko menularkan penyakit. Apa saja? Berikut rangkuman detikcom dari berbagai sumber.

1. Seks tanpa pelindung

Hubungan seks ini berarti bercinta secara vaginal, oral, ataupun anal tanpa menggunakan pengaman. Hal ini membuat pihak yang melakukan lebih mungkin tertular HIV atau infeksi menular seksual (IMS) lainnya.

Cairan seperti darah dan air mani mengalir dari dalam tubuh Anda ke pasangan saat berhubungan seks. Jika pasangan Anda memiliki HIV atau PMS lainnya, maka mereka dapat menularkan infeksi tersebut.

2. Gonta-ganti pasangan

Sering berganti pasangan saat berhubungan seks membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit seks menular. Risiko ini dapat dikurangi dengan hanya memiliki satu pasangan seks saja.

3. Seks anal

Seks anal adalah hubungan seks di sekitar area anal yang paling berisiko menularkan HIV dan IMS lainnya baik laki-laki maupun perempuan. Lapisan anus jauh lebih tipis dari vagina, sehingga bisa lebih mudah rusak dan rentan terhadap infeksi.

Hal tersebut dapat dicegah dengan menggunakan pelumas untuk menurunkan risiko kelamin rusak akibat gesekan. Namun, itu tidak menjamin 100 persen bebas dari risiko IMS.



Simak Video "TOP 5: Vaksin Sinovac Penuhi Syarat Halal, BTS Masuk Grammy 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)