Minggu, 27 Des 2020 20:00 WIB

Ejakulasi Tiap Hari Bikin Tubuh Sehat? Ini Kata Ahli

Zintan Prihatini - detikHealth
ilustrasi penis pria mengalami ereksi Dampak jika pria ejakulasi setiap hari. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Frekuensi ejakulasi atau mengeluarkan sperma bagi setiap pria akan berbeda-beda. Beberapa orang rutin melakukannya, dan yang lainnya mungkin saja spontan tergantung kondisi tubuh.

Ejakulasi berarti mengeluarkan cairan dari prostat, vesikula seminalis, dan kelenjar bulbourethral. Meskipun mengandung berbagai macam zat, termasuk asam sitrat, kolesterol, lendir, dan air, fungsi utamanya adalah memproduksi sperma.

Penelitian menunjukkan bahwa frekuensi pria mengeluarkan sperma bisa memengaruhi kesehatan maupun jumlah sperma. Ejakulasi juga dapat mengurangi risiko pria terkena kanker prostat.

Namun, apakah kebiasaan mengeluarkan sperma terlalu sering itu sehat?

Dampak mengeluarkan sperma setiap hari

Konsultan andrologi sekaligus dokter ahli infertilitas dan kesehatan seksual pria di India, dr Shah Dupesh menjelaskan bahwa mengeluarkan sperma dua atau tiga kali setiap hari dapat menyebabkan kelelahan fisik, dan membuat tubuh lemah. Ini terjadi karena ejakulasi sama seperti saat berhubungan seksual yang menghabiskan energi.

"Saya pikir itu adalah pilihan. Jika Anda merasa dapat mempertahankan kendali dan mampu melanjutkannya, maka lanjutkan," tulis dr Dupesh seperti dikutip dari Andrology Corner.

Ia mengungkapkan ada sejumlah mitos yang beredar mengenai ejakulasi, di antaranya dapat menyebabkan jerawat, mudah lupa, hingga kebotakan dini. Mitos tersebut dibantahnya karena belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan hal tersebut.

Frekuensi ideal pria mengeluarkan sperma

Dikutip dari Medical News Today, tak ada ketentuan yang menyebutkan frekuensi ideal pria untuk berejakulasi, baik sendiri atau dengan pasangan. Patokan ejakulasi atau mengeluarkan sperma yang sehat bagi pria, di antaranya:

  • Membuat nyaman
  • Tidak menyebabkan nyeri
  • Dilakukan dengan aktivitas seks yang aman.

Studi 2015 menemukan bahwa pria yang ejakulasi setiap hari selama 14 hari mengalami sedikit penurunan jumlah sperma. Namun, penurunan tersebut tidak menyebabkan jumlah sperma turun di bawah ambang batas normal.

Ejakulasi dapat memberikan manfaat kesehatan seperti membantu tidur, meningkatkan kualitas sperma, meningkatkan imunitas, dan mengurangi risiko penyakit jantung.



Simak Video "Penjelasan Ahli Soal Dugaan Ekshibisionisme Pelaku Pelempar Sperma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)
DMentor
×
Punya 11 Properti Dalam 2 Tahun
Punya 11 Properti Dalam 2 Tahun Selengkapnya