Selasa, 29 Des 2020 20:31 WIB

Sering Tak Kepikiran, Ini 4 Tips Simpel Menjaga Payudara Tetap Kencang

Kanya Anindita - detikHealth
Payudara Tips menjaga payudara tetap kencang (Foto: Istock)
Jakarta -

Banyak ibu-ibu yang mengeluhkan payudara kendur pasca melahirkan dan menyusui anak. Ternyata, sering tidak memakai bra juga dapat mengendurkan payudara, lho.

Untuk itu, olahraga yang teratur serta pola makan yang baik membantu payudara tetap kencang dan sehat. Selain itu, rutin melakukan kedua hal tersebut dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Dikutip dari Health.clevelandclinic, ahli onkologi bedah payudara Stephanie Valente, DO, merekomendasikan empat hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan payudara:

1. Menjaga berat badan

Produksi estrogen dalam jaringan lemak wanita semakin meningkat setelah menopause. Pada wanita gemuk, jaringan kanker payudara yang sensitif terhadap estrogen terpapar lebih banyak estrogen daripada wanita dengan berat badan yang normal. Hal ini berisiko meningkatkan kanker payudara.

2. Rutin berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu mencegah kanker payudara dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menangkal obesitas, dan menurunkan kadar estrogen dan insulin. Olahraga juga dapat meningkatkan kekuatan tulang yang menurunka risiko osteoporosis.

3. Makan makanan sehat

Brokoli, kubis, kangkung, semangka dan biji-bijian merupakan makanan pelawan kanker. Hindari gula dan lemak olahan karena menambah berat badan yang meningkatkan risiko kanker payudara.

4. Mengonsumsi vitamin D

Wanita dengan tingkat vitamin D rendah memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Sumber vitamin D terbaik adalah dari sinar matahari sehingga disarankan untuk rutin berjemur setiap pagi selama 15-20 menit.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)