Rabu, 06 Jan 2021 20:30 WIB

4 Fakta Menarik Sel Telur, Ukuran hingga Proses Terbentuknya Anak Kembar

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi sperma Fakta unik sel telur (Foto: iStock)
Jakarta -

Ovarium menghasilkan sel telur yang disebut ovum serta memproduksi hormon estrogen dan progesteron untuk perkembangan organ reproduksi wanita. Sel telur yang matang akan dilepaskan dalam proses ovulasi.

Sel telur memiliki sejumlah fakta yang jarang diketahui para wanita. Sel telur juga sangat penting dalam kesuburan wanita serta merupakan salah satu faktor penentu kehamilan.

Dikutip dari Natural Cycles, berikut 4 fakta menarik seputar sel telur:

1. Sel telur wanita lebih besar dari yang Anda kira

Kebanyakan sel tidak terlihat dengan mata telanjang dan memerlukan mikroskop untuk melihatnya. Namun, sel telur (ovum) adalah pengecualian.

Dibandingkan dengan sel manusia lainnya, sel telur sangat besar. Dengan diameter 100 mikron (sepersejuta meter) dan selebar sehelai rambut, tidak ada sel tubuh yang melebihi besar sel telur.

2. Wanita dilahirkan dengan sel telur di tubuhnya

Setiap perempuan yang dilahirkan memiliki jutaan sel telur dalam tubuhnya. Ovum di dalam ovarium akan dikeluarkan setiap kita mengalami menstruasi.

3. Semakin tua, kualitas ovum semakin menurun

Seiring bertambahnya usia, kualitas ovum akan menurun. Setiap bulan saat menstruasi, seorang wanita akan kehilangan sel telurnya. Ketika menopause, kemungkinan kurang dari 1000 sel telur yang tersisa pada tubuh wanita.

4. Dua sel telur menghasilkan anak kembar

Proses wanita melepaskan sel telur setiap siklus disebut ovulasi. Beberapa wanita dapat melepaskan dua sel telur per siklus yang menyebabkan terjadinya proses bayi kembar.

Kembar identik (non fraternal) terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi oleh satu sel sperma membelah menjadi dua. Sedangkan kembar non identik (fraternal) terjadi ketika dua sel telur dibuahi oleh dua sel sperma yang berbeda.



Simak Video "Angka Tingkat Penularan Corona DKI Dinyatakan Menurun, Ini Kurvanya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)