Rabu, 13 Jan 2021 19:05 WIB

Bapak-bapak! Catat 5 Tips Jaga Mr P, Biar Nggak Kena Disfungsi Ereksi

Zintan Prihatini - detikHealth
old man looking in his pants and showing thumbs up Tips agar Mr P tidak kena disfungsi ereksi. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Bagi banyak pria, penis dapat disebut sebagai salah satu organ yang paling mungkin untuk diperhatikan. Maka itu, tidak jarang pria akan merasa kurang percaya diri saat ada masalah pada penisnya, termasuk soal ereksi.

Dikutip dari NHS, kebanyakan pria terkadang gagal mendapatkan atau mempertahankan ereksi yang disebut dengan disfungsi ereksi. Ini biasanya disebabkan oleh stres, kelelahan, kecemasan atau terlalu banyak minum alkohol.

Disfungsi ereksi umumnya terjadi seiring bertambahnya usia pria, namun tak menutup kemungkinan terjadi pada mereka yang masih muda.

Dikutip dari WebMD, berikut lima tips untuk menghindari disfungsi ereksi.

1. Perhatikan pola makan

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan yang buruk dapat menyebabkan serangan jantung karena aliran darah yang terbatas di arteri koroner. Hal ini juga dapat menghambat aliran darah menuju dan di dalam penis.

Aliran darah dibutuhkan agar penis ereksi. Jika pria mengonsumsi sedikit buah dan sayuran bersama dengan banyak makanan berlemak, digoreng, dan olahan justru akan menurunkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Profesor urologi sekaligus direktur program kesehatan seksual pria di New York University Langone Medical Center, dr Andrew McCullough mengungkapkan apa pun yang buruk bagi jantung pria juga buruk bagi penisnya. Studi terbaru menunjukkan bahwa disfungsi ereksi relatif jarang terjadi di antara pria yang mengikuti diet Mediterania, yaitu konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan minyak zaitun, ikan, dan anggur.

2. Mengatur berat badan

Kelebihan berat badan dapat menimbulkan masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, yang dapat menyebabkan kerusakan saraf di seluruh tubuh. Jika diabetes memengaruhi saraf yang ada di penis, disfungsi ereksi mungkin terjadi.

3. Rutin olahraga

Berolahraga secara teratur bisa menurunkan risiko disfungsi ereksi. Berlari, berenang, dan bentuk latihan aerobik lainnya telah terbukti membantu mencegah disfungsi ereksi.

Waspadai segala bentuk olahraga yang memberi tekanan berlebihan pada perineum, area antara skrotum dan anus. Direktur pengobatan seksual di Alvarado Hospital di San Diego, dr Irwin Goldstein mengatakan bersepeda, dapat menyebabkan disfungsi ereksi jika dilakukan terlalu lama.

Ia pun menyarankan agar pria yang terlalu lama bersepeda harus memastikan sepeda mereka pas, mengenakan celana bersepeda yang nyaman, dan sering berdiri saat mengayuh.

4. Berhenti merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke penis. Selain itu, nikotin membuat pembuluh darah berkontraksi, yang bisa menghambat aliran darah ke penis. Bagi pria yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya berhenti agar mencegah terjadinya disfungsi ereksi.

5. Hindari posisi seks berisiko

Beberapa kasus disfungsi ereksi berasal dari cedera penis yang terjadi saat berhubungan seks. Kamu dapat menghindari posisi tertentu dapat membantu mencegahnya. Pertimbangkan untuk melakukan posisi seks yang aman dan nyaman.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)