Rabu, 20 Jan 2021 19:30 WIB

Khusus Pasutri! Bantu Tingkatkan Performa Seks dengan 5 Olahraga Ini

Zintan Prihatini - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Penurunan libido atau gairah seks bisa mengganggu hubungan seks para pasutri, terutama jika tidak mengetahui apa penyebabnya. Namun, biasanya kadar testosteron adalah faktor utamanya, rasa lelah pun dapat memengaruhi libido.

Menerapkan pola makan sehat dan gaya hidup dengan rutin berolahraga mungkin akan membantu meningkatkan kembali libido. Olahraga merupakan salah satu latihan fisik terbaik untuk tubuh dan pikiran, bahkan meningkatkan kinerja otak.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah lima jenis olahraga yang dapat meningkatkan libido.

1. Angkat Beban

Olahraga angkat beban dapat meningkatkan gairah seks dengan mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak testosteron. Kadar testosteron yang sehat dikaitkan dengan hasrat seksual.

Selain manfaat fisik, angkat beban juga memiliki manfaat psikologis. Penelitian menemukan bahwa tubuh yang kuat membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

2. Cardio

Cardio (HIIT) adalah salah satu latihan pembakaran lemak paling efektif yang dapat dilakukan. Selain itu, olahraga ini dapat meningkatkan libido.

Latihan cardio yang intens adalah cara terbaik untuk mengeluarkan tenaga karena menurunkan kadar hormon kortisol yang menyebabkan stres dalam tubuh. Peningkatan kortisol telah terbukti secara signifikan mengurangi testosteron, artinya menjaga tingkat stres sangat penting untuk dorongan seks.

3. Yoga

Banyak manfaat kesehatan yang didapat dari melakukan yoga, termasuk peningkatan kesehatan seksual. Semua jenis latihan yoga berpotensi dapat meningkatkan libido dan fleksibilitas.

Studi dalam Journal of Sexual Medicine pada 2010 menemukan bahwa yoga meningkatkan semua fungsi seksual pada pria, termasuk hasrat, gairah, ereksi, dan kontrol ejakulasi.

4. Renang

Berenang adalah salah satu cara paling efisien untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, tanpa merusak persendian. Tidak mengherankan, berenang secara teratur dapat meningkatkan stamina saat sesi bercinta.

Studi di Harvard terhadap 160 perenang menunjukkan peserta berusia 60-an melaporkan kehidupan seks yang setara dengan rata-rata orang yang tidak berenang di usia 40-an. Berenang pun dapat membantu mengencangkan otot dasar panggul.

5. Kegel

Latihan kegel juga disebut bisa meningkatkan kehidupan seks, baik pada pria maupun wanita. Bagi wanita, senam kegel bisa melemaskan vagina, dan membuat penetrasi lebih nyaman.

Selain itu, dapat meningkatkan lubrikasi vagina, memungkinkan lebih banyak darah mengalir ke alat kelamin, meningkatkan gairah seksual, serta membuatnya lebih mudah mencapai orgasme.

Perlu diingat bahwa olahraga secara berlebihan, dan terlalu keras justru dapat menurunkan kadar testosteron. Artinya, jangan lupakan istirahat di sela-sela waktu olahraga.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)