Sabtu, 23 Jan 2021 19:20 WIB

Bercinta Juga Bisa Tularkan COVID-19, Begini Tips Mencegahnya

Zintan Prihatini - detikHealth
Young male and female in blue protective masks taking photo by phone on tripod at home Menghindari penularan COVID-19 saat bercinta, bagaimana caranya? (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Selama pandemi, kehidupan seksual juga turut terdampak new normal. Banyak pasutri yang mungkin bertanya-tanya apakah aman berhubungan seks selama pandemi?

Berhubungan seksual di tengah pandemi menjadi hal yang sulit. Sentuhan fisik dan jarak yang sangat dekat antara pasutri saat berhubungan seks dikhawatirkan dapat menularkan virus Corona.

"Virus Corona adalah virus pernapasan. Dapat ditularkan melalui air liur dan kontak intim Anda, tetapi tidak secara langsung ditularkan pada genital," ujar profesor di departemen kebidanan dan ginekologi di UCLA's David Geffen School of Medicine, dr Mark Surrey.

Berikut beberapa tips aman dan nyaman untuk berhubungan seks di tengah pandemi COVID-19, yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Hindari berciuman

Kepala petugas medis di Kanada, dr Theresa Tam mengatakan bahwa kecil kemungkinan tertular COVID-19 dari air mani atau cairan vagina. Tetapi aktivitas seksual dengan pasangan memang meningkatkan risiko, terutama jika ada kontak dekat seperti berciuman.

"Seperti aktivitas lain selama COVID-19 yang melibatkan kedekatan fisik, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko tertular dan menyebarkan virus," ujar dr Tam seperti dikutip dari Reuters.

Menurut dr Tam, selama seks hindari berciuman, hindari tatap muka dalam jarak dekat, gunakan masker yang menutupi mulut dan hidung, dan cek kesehatan sebelum aktivitas seksual apa pun.

2. Boleh berhubungan seks, asal sehat

dr Surrey mengatakan, jika kamu atau pasangan memiliki gejala COVID-19, dan sedang melakukan isolasi, maka seks tak dapat dilakukan guna mencegah penularan. Apalagi jika pasangan masuk dalam kategori risiko tinggi.

Namun, pasutri yang tidak pernah berkontak langsung dengan pasien COVID-19, tidak menunjukkan gejala, dan merasa sehat tetap dapat berhubungan seks.

3. Tetap bersih

Menjaga kebersihan selama pandemi sangat penting, apalagi ketika ingin berhubungan seks dengan pasangan. Setelah beraktivitas di luar rumah, pastikan untuk mandi, mencuci rambut, mengganti baju, dan disinfektan barang-barang yang dibawa. Dengan begitu, pasangan akan tetap merasa aman dan nyaman selama sesi bercinta.



Simak Video "Seks Anal dari Kacamata Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)