Minggu, 24 Jan 2021 20:00 WIB

Hati-hati, Ini Tanda Pacar 'Nafsuan' Kelewat Batas Jadi Pelecehan Seks

Kanya Anindita - detikHealth
ilustrasi pacaran Ilustrasi pacaran. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Pelecehan seksual adalah sebuah tindakan seksual baik secara fisik atau lisan yang dilakukan oleh seseorang dan menimbulkan rasa tak nyaman pada orang yang dituju. Biasanya, pelecehan seksual bersifat memaksa untuk memuaskan hasrat si pelaku.

Pelecehan seksual bisa dilakukan oleh pria maupun wanita. Pelecehan seksual juga dapat terjadi di masa-masa pacaran, baik dari pihak pria ataupun wanita memaksa pasangannya untuk melakukan tindakan seksual yang tidak mereka inginkan.

Psikolog seksual Zoya Amirin, MPsi mengungkapkan, ada beberapa tindakan yang sudah dianggap pelecehan seksual saat masa pacaran. Pemaksaan untuk mencium atau memegang tangan pasangan yang membuat mereka menjadi tidak nyaman sudah termasuk pelecehan seksual.

"Kalau kamu dipaksa melakukan sesuatu oleh orang lain, misalnya cuma dicium pipinya atau dipegang tangannya, dan itu membuat kamu ngga nyaman, itu sudah termasuk pelecehan (harassment)," katanya dalam acara e-Life, live di detikcom Jumat (22/1/2021).

Istilah unwanted sexual attention juga dikategorikan sebagai pelecehan seksual. Dikutip dari PubMed, unwanted sexual attention mengacu pada komentar verbal, gerak tubuh, tatapan mata, dan perhatian non-fisik lainnya yang tidak diminta terhadap seksualitas dan penampilan fisik orang lain.

Zoya Amirin mengatakan jika seseorang membagikan fantasi seksualnya kepada pasangannya dan hal itu membuat mereka tidak nyaman, perilaku itu juga sudah termasuk pelecehan seksual.

"Kalau Anda ingin membayangkan saya dalam bentuk apapun, itu bukan urusan saya. Itu adalah hal pribadi yang harusnya Anda simpan. Tetapi, ketika Anda berbagi kepada saya, menceritakan fantasi Anda tentang saya dan saya tidak menginginkan itu, saya tidak pernah memintanya, itu adalah pelecehan seksual," pungkasnya.



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)