Senin, 25 Jan 2021 18:35 WIB

Dari Durasi Orgasme Sampai Picu Sedih, Ini 5 Fakta Unik Bercinta

Farah Nabila - detikHealth
fantasi seksual Foto: iStock
Jakarta -

Hubungan seks merupakan salah satu kebutuhan bagi setiap pasangan. Berhubungan seks dapat meningkatkan suasana hati dan keintiman dengan pasangan. Hanya saja mungkin masih ada beberapa fakta unik tentang seks yang belum diketahui banyak orang.

Membicarakan soal seks mungkin masih terdengar tabu. Namun tidak ada salahnya mengetahui beberapa fakta tentang seks karena ini bukan hal yang memalukan. Ini justru akan membuat kamu dan pasangan lebih mengenal tentang hubungan seks.

Dikutip dari Health, berikut beberapa fakta unik tentang seks yang perlu diketahui.

1. Orgasme wanita tiga kali lebih lama dari pria

Meskipun wanita disebut sulit mencapai orgasme, wanita memiliki beberapa keuntungan terkait orgasme. Pertama, orgasme wanita yang khas berlangsung sekitar 20 detik. Durasi orgasme tersebut tiga kali lebih lama dari orgasme pria yang rata-rata hanya enam detik.

Wanita juga memiliki keunggulan dalam hal kemampuan untuk mencapai orgasme berkali-kali dan orgasme G-spot.

2. Bisa orgasme saat tidur

Kamu mungkin tidak percaya dengan hal ini, namun ternyata kita bisa mencapai klimaks saat tidak sadar terutama wanita. Beberapa wanita bisa mengalami orgasme selama mimpi erotis ketika tidur meski tidak ada rangsangan fisik yang terjadi.

Hal ini disebabkan aliran darah ke alat kelamin selama mimpi erotis masih bisa meningkat seperti saat bercinta yang menyebabkan orgasme.

Kamu juga merasa sangat rileks saat berada di alam mimpi dan tanpa kecemasan atau stres yang mengganggu tindakan tersebut, sehingga lebih mudah untuk mencapai orgasme.

3. Indra penciuman yang kuat membuat orgasme lebih hebat

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior menemukan bahwa orang dengan indra penciuman yang tajam memiliki pengalaman seksual yang lebih baik. Wanita yang memiliki kepekaan kuat terhadap bau juga dilaporkan menikmati lebih banyak orgasme dibandingkan wanita yang indra penciumannya tidak terlalu tajam.

Para peneliti menemukan bahwa indra penciuman tidak selalu terkait dengan hasrat atau kinerja seksual di kamar tidur. Tetapi ada korelasi positif antara indera penciuman yang meningkat dan hubungan seks yang lebih menyenangkan serta lebih sering orgasme. Ini menunjukkan bahwa bau badan, seperti cairan vagina dan keringat, dapat meningkatkan pengalaman seksual.

4. Suara wanita bisa membuat pria bergairah

Nyatanya pria bisa bergairah tanpa melihat perempuan dengan baju seksi. Menurut para peneliti, suara rendah wanita bisa membangkitkan gairah seks pria. Pria tertarik pada nada seperti ini bukan karena mereka lebih memilih wanita dengan suara rendah, tetapi karena saat wanita menurunkan suaranya, itu menandakan bahwa dia tertarik.

5. Bisa sedih usai bercinta termasuk normal

Apakah kamu pernah menangis setelah berhubungan seks, bahkan saat berhubungan seks dengan baik? Jika jawabannya ya, kamu mungkin lega mendengar bahwa ini sebenarnya sangat umum dan bahkan ada sebutan untuk itu. Post-coital dysphoria (PCD) ditandai dengan perasaan sedih, marah, dan tertekan yang intens setelah berhubungan seks, kemungkinan besar setelah orgasme.

Menurut terapis seks, Ian Kerner, PhD, PCD ada hubungannya dengan lonjakan hormon tertentu. Bahkan PCD bisa terjadi setelah melakukan masturbasi. Jika kamu merasa kewalahan dengan perasaan sedih pasca-seks, menemui terapis mungkin bisa membantu kamu untuk memahaminya.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)