Minggu, 31 Jan 2021 19:13 WIB

Amankah Bercinta Selama Pandemi? Ahli Ungkap Faktanya

Kanya Anindita - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Era pandemi membuat kita menerapkan kebiasaan baru, yakni jaga jarak. Sebagian orang juga menghindari kontak fisik dengan pasangannya. Maka dari itu, timbul sebuah pertanyaan, apakah aman untuk berhubungan seks selama masa pandemi?

COVID-19 disebabkan oleh novel coronavirus yang disebarkan melalui kontak langsung dari orang ke orang atau oleh orang-orang yang saling berdekatan. Virus COVID-19 juga bisa menular akibat tetesan batuk atau bersin dari seseorang.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), seseorang juga bisa terinfeksi COVID-19 apabila menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus, kemudian memegang area wajah tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu.

Mark Surrey, MD, seorang profesor klinis di departemen kebidanan dan ginekologi di UCLA's David Geffen School of Medicine, mengungkapkan bahwa COVID-19 tidak menular secara langsung akibat hubungan seks.

"Virus corona adalah virus yang menyerang pernapasan. Ini dapat ditularkan melalui air liur atau kontak intim Anda dengan pasangan, tetapi tidak ditularkan langsung secara genital atau melalui alat kelamin," ungkap dr Mark, dikutip dari Health.

Jika Anda atau pasangan mengidap COVID-19, sebaiknya hindari kontak fisik, seperti berpengangan tangan, berpelukan, berciuman, hingga berhubungan seks. Usahakan pula untuk tidak tidur dalam satu kamar.

Meskipun COVID-19 tidak ditularkan secara langsung melalui hubungan seks, ada baiknya untuk tidak bercinta sementara waktu. COVID-19 bisa saja menular karena saat berhubungan seks, kita pasti bersentuhan fisik dengan pasangan.

Jika Anda dengan pasangan sudah pasti aman dari COVID-19 dan tidak pernah kontak dengan orang-orang yang positif COVID-19, hubungan seks aman-aman saja dilakukan. Pastikan fisik Anda bersih, sebab masa pandemi membuat kita harus selalu menjaga kebersihan. Biasakan selalu mencuci tangan sebelum melakukan berbagai aktivitas, bahkan bercinta sekalipun.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)