Jumat, 26 Feb 2021 05:20 WIB

Susah Terangsang Pagi Ini? Kata Dokter, Salahkan Cuaca Dingin

Ardela Nabila - detikHealth
Pedestrian di kawasan Sudirman selau dipadati para pejalan kaki meski giguyur hujan. Begini penampakannya. Cuaca dingin di musim hujan (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Udara dingin saat musim hujan ternyata memiliki pengaruh pada dorongan seksual seseorang, lho. Pasalnya, sejumlah studi menemukan bahwa cuaca dingin dapat menurunkan libido yang menyebabkan kamu menjadi kurang tertarik dengan seks.

Menurut seorang dokter obgyn sekaligus penulis buku PCOS SOS bernama Felice Gersh, MD, suhu dingin memiliki peran dalam menurunkan libido, namun hal tersebut ternyata bukan satu-satunya faktor.

Faktor lainnya yang menyebabkan menurunnya libido saat cuaca dingin adalah testosteron. Seperti diketahui, testosteron memiliki hubungan kuat dengan libido. Semakin banyak kadar testosteron dalam tubuh, semakin tinggi pula dorongan seksual yang dirasakan.

Dokter Gersh mengatakan, kadar testosteron menjadi menurun pada saat cuaca dingin, sehingga kamu cenderung menjadi malas untuk bercinta. Di sisi lain, estrogen juga memiliki peran penting terkait libido. Penelitian menunjukkan bahwa kadar estrogen pada wanita meningkat pada musim panas, dan menurun pada musim dingin.

Namun, tak semua orang mengalami perubahan hormon tersebut. Pasalnya, terdapat orang yang memiliki tingkat testosteron serta estrogen yang stabil sepanjang tahunnya.

Selain itu, cuaca dingin seperti musim hujan membuat matahari sering kali tertutup oleh awan. Sehingga, vitamin D yang didapat dari sinar matahari menjadi menurun. Kurangnya vitamin D juga bisa menyebabkan turunnya tingkat produksi testosteron, sehingga tingkat libido pun ikut menurun.

Adapun alasan lainnya yang menyebabkan turunnya libido saat cuaca dingin, yakni lantaran menurunnya kadar vitamin D yang didapat oleh tubuh dapat memberikan efek negatif terhadap mood serta dorongan seksual seseorang.

Meski tingkat libido menurun saat cuaca dingin, hal ini bukan berarti kamu dan pasangan tidak bisa mempererat hubungan. Sebab, kamu masih bisa menikmati waktu bersama dan mempererat hubungan dengan beragam aktivitas lainnya.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)