Sabtu, 27 Feb 2021 19:37 WIB

Sebenarnya Berapa Lama Sih Pria Bisa 'Bertahan' di Ranjang? Ini Studinya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi hubungan seks suami istri (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic)
Jakarta -

Ereksi adalah tanda paling jelas dari gairah seksual pria. Ini adalah respons fisik terhadap reaksi kimia dalam tubuh saat berhubungan seks.

Banyak pria yang menganggap makin lama ereksi, makin jago mereka di ranjang. Tapi sebenarnya berapa lama sih pria bisa ereksi?

Dikutip dari laman Roman Health Guide, Ereksi dapat berlangsung dari beberapa menit hingga sekitar setengah jam. Dalam survei yang dilakukan National Health Securiy (NHS) di tahun 2018, rata-rata, pria mengalami lima ereksi setiap malam saat mereka tidur, masing-masing berlangsung sekitar 25 hingga 35 menit.

Apakah itu berarti ereksi harus bertahan selama itu? Tidak selalu.

Tidak ada waktu yang ditentukan secara universal untuk lamanya aktivitas seksual atau berapa lama penis harus tetap ereksi. Ada banyak variabel yang dapat mempengaruhi berapa lama ereksi berlangsung. Itu termasuk:

  • Usia
  • Riwayat kesehatan
  • Tingkat gairah seksual
  • Aktivitas seksual
  • Kondisi mental

Perlu juga dicatat bahwa seseorang tidak membutuhkan ereksi untuk mencapai orgasme. Pada beberapa kasus, seseorang mungkin mengalami kesulitan ereksi, mengalami ereksi yang kuat, atau mempertahankannya cukup lama untuk seks yang memuaskan.

Dalam kasus lain, seseorang mungkin mengalami ereksi berkepanjangan yang tidak terkait dengan aktivitas atau minat seksual, yang dikenal sebagai priapisme. Pengobatan, obat-obatan, dan cedera dapat menyebabkan priapisme, yang dapat menjadi kondisi serius karena risiko kerusakan jaringan permanen.

Jika Anda mengalami kesulitan ereksi, ereksi tidak sekencang yang Anda inginkan, atau tidak bertahan cukup lama untuk memuaskan seks, Anda mungkin mengalami disfungsi ereksi atau DE.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)