Minggu, 28 Feb 2021 18:22 WIB

Masturbasi Saat Hamil, Amankah?

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Woman enjoying pregnancy Amankah masturbasi saat hamil? (Foto: Getty Images/damircudic)
Jakarta -

Kepuasan seksual tidak hanya didapatkan bersama pasangan tapi bisa diraih dengan menikmati tubuh sendiri atau masturbasi. Biasanya dilakukan saat sedang tidak memungkinkan untuk berhubungan seks dengan pasangan, sementara gairah seks tidak tertahankan.

Terlebih saat hamil, beberapa perempuan memiliki kebutuhan seksual yang tinggi. Dikutip dari healthline, ini terjadi karena hormon berfluktuasi pada ibu hamil.

Beberapa perempuan mengalami peningkatan libido atau gairah seksual meningkat drastis selama kehamilan akibat perubahan hormon tersebut.

Saat kadar estrogen dan progesteron meningkat tubuh bereaksi. Bagi beberapa perempuan kondisi ini membuat mereka mengalami peningkatan nafsu seksual.

Sedangkan beberapa perempuan lainnya mungkin merasa libido menurun, mengikuti turunnya kadar hormon esterogen dan progeteron pada tubuh.

Bagi yang sedang mengalami penurunan hormon, mungkin mereka tidak akan tertarik pada seks dan masturbasi. Namun, bagi yang tertarik, apakah aman untuk melakukan masturbasi di kala hamil?

Bagi yang hendak melakukan masturbasi di kala hamil tidak perlu merasa khawatir. Diketahui bahwa masturbasi selama hamil aman dilakukan.

Medicalnewstoday menulis bahwa sebagian besar masturbasi yang dilakukan ibu hamil aman pada ibu dengan risiko kehamilan rendah. Namun, hal tersebut juga harus dilakukan dengan cara yang aman.

Nicole Galan, seorang perawat spesialisasi masalah kesehatan dan infertilitas perempuan, mengatakan bahwa sebagian besar dokter setuju bahwa masturbasi selama hamil aman, juga memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti mengurangi stres dan memperlancar aliran darah.

Selain menggunakan tangan, medicalnewstoday juga mengatakan masturbasi pada perempuan hamil juga dapat dilakukan dengan menggunakan mainan seks seperti dildo dan vibrator.

Tetapi, mainan seks harus selalu dijaga kebersihannya sebelum digunakan. Mainan tersebut harus dicuci bersih dahulu dengan air sabun untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam vagina.

Persoalan pantas atau tidak, dikembalikan pada keyakinan masing-masing.



Simak Video "Aman Nggak Kalau Masturbasi Keseringan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)