Sabtu, 06 Mar 2021 06:16 WIB

5 Makanan Ini Dipercaya Lindungi Miss V dari Infeksi

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi vagina Foto: thinkstock
Jakarta -

Selain menjaga kebersihan vagina dari luar, menjaga kesehatannya dari dalam tentunya juga tidak kalah pentingnya. Pasalnya, menjaga kesehatan vagina dari dalam juga bisa mencegah terjadinya berbagai infeksi pada area di sekitar vagina.

Oleh sebab itu, mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan vagina penting untuk dilakukan oleh para wanita. Bahkan, selain dapat menghindari vaginamu dari infeksi, menjaga vagina dari dalam juga dapat mempengaruhi aktivitas seksualmu, lho.

Dikutip dari laman Shape, berikut 5 makanan yang bisa menjaga kesehatan vagina.

1. Apel

Menurut studi pada Archieve of Gynecology and Obstetrics, wanita yang rutin mengonsumsi apel setiap harinya dilaporkan memiliki fungsi seksual, termasuk kepuasan seksual serta kemampuan orgasme, yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak rutin mengonsumsi apel. Hal ini disebabkan oleh kandungan florizin dan fitoestrogen yang dikemas dalam apel.

2. Teh hijau

Kandungan senyawa katekin yang ditemukan dalam teh hijau dapat membunuh bakteri E.coli yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, seperti dijelaskan pada penelitian dalam jurnal Frontiers in Microbiology. Selain itu, kafein pada teh hijau juga dapat membantu mengurangi gejala yang dirasakan sebelum atau sesudah menstruasi. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi teh hijau berlebihan, sebab kafein berlebihan dapat merusak ginjal.

3. Yogurt

Probiotik yang tergandung dalam yogurt dapat membantu mendukung mikroflora vagina yang sehat. Menurut penelitian, hal ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, vaginosis bakteri, serta infeksi jamur. Lebih lanjut, kalsium pada yogurt juga dapat membantu mengurangi gejala sebelum atau sesudah menstruasi.

4. Ikan berlemak

Tiga ons salmon mengandung tiga per empat kandungan vitamin D yang dibutuhkan setiap harinya, lho. Selain itu, salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain memiliki manfaat pada kesehatan tubuh dan vagina, ikan berlemak juga bermanfaat bagi jantung. Hal ini tentunya berpengaruh pada peredaran darah yang menjadi semakin lancar.

5. Air

Air putih memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Pada vagina, air putih dapat menjaga area di sekitar vagina tetap lembab. Vagina yang lembab tentunya memiliki pengaruh terhadap aktivitas seksual para wanita, khususnya agar vagina terhindar dari rasa sakit saat bercinta.



Simak Video "Pacar Kamu Nafsuan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)