Senin, 08 Mar 2021 23:30 WIB

Rahim 'Retro' Bikin Susah Hamil, Ini Saran Dokter Kandungan

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Asian woman stomachache, feel pain for period conceptAsian woman stomachache, feel pain for period concept Foto: iStock
Jakarta -

Banyak faktor yang dapat memengaruhi pasangan tidak juga memiliki anak. Seringkali faktor tersebut baru diketahui setelah adanya pemeriksaan medis. Salah satunya adalah kondisi rahim terbalik.

Kondisi rahim terbalik bukan terjadi karena faktor genetika atau keturunan. Pasangan yang mengalami ini juga baru akan tahu bahwa ia mengidap kondisi ini setelah dilakukan pemeriksaan medis.

Kondisi ini juga tidak memunculkan gejala tertentu sehingga pasangan bisa bercinta tanpa adanya keluhan sehingga pengidapnya tidak akan sadar.

Setelah melalui pemeriksaan, baru akan diketahui bahwa mulut rahim menghadap ke belakang sehingga sulit dijangkau oleh sperma.

Dikutip dari Haibunda, posisi rahim terbalik atau retrofleksi merupakan varian normal dari rahim yang terletak menghadap ke belakang. Kondisi ini dapat ditemukan melalui pemeriksaan ginekologi dan ultrasonografi.

Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Dr. dr Suskhan Djusad, SpOG (K) mengatakan, seseorang dengan kondisi rahim terbalik, disarankan untuk rebahan lebih dulu selama 30 menit setelah berhubungan seks jika menginginkan kehamilan.

Jika perlu, angkat kaki ke atas tembok agar sperma bisa lama menggenangi mulut rahim. Juga jangan langsung mandi, tapi biarkan dulu sperma bertahan.

Bagi pasangan yang ingin segera hamil beberapa cara lainnya juga bisa dilakukan. Salah satunya adalah memilih posisi bercinta yang dapat meningkatkan potensi kehamilan pada kondisi rahim retrofleksi seperti doggy style.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Menkes Budi: Lonjakan Kasus COVID-19 Bisa Terjadi Lagi, Tetap Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)