Rabu, 10 Mar 2021 21:35 WIB

Kenapa Sehabis Bercinta Tidur Jadi Lebih Pulas? Ini Alasannya

Ardela Nabila - detikHealth
Thoughtful woman sitting on bed while her husband sleeping Foto: Getty Images/101dalmatians
Jakarta -

Selain mempererat hubungan suami-istri, bercinta juga memiliki manfaat lainnya, lho. Salah satu manfaat lainnya adalah meningkatnya kualitas tidur pada wanita setelah berhubungan intim dengan pasangannya.

Hal ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di State University of New York yang menemukan bahwa wanita lebih mudah tertidur nyenyak dan mendapatkan tidur lebih berkualitas setelah melakukan aktivitas seksual dibandingkan pria.

"Pasca kopulasi yang menyebabkan pria dan wanita mengantuk dapat meningkat saat terjadinya orgasme pada pria dan wanita. Namun, dengan atau tanpa orgasme, wanita dilaporkan lebih mudah tertidur setelah melakukan aktivitas seksual," seperti tertulis dalam studi tersebut, dikutip dari Times of India.

Dipublikasikan di Evolutionary Behavioral Sciences dan dilakukan terhadap 128 orang wanita dan 98 orang pria, studi tersebut menemukan bahwa wanita memiliki persentase lebih tinggi untuk tertidur nyenyak setelah melakukan hubungan seks daripada pria.

Selain itu, peneliti juga menunjukkan bahwa wanita yang dibuahi juga dilaporkan lebih mudah tertidur. Di sisi lain, tidak terdapat bukti yang menyebutkan bahwa perbedaan jenis kelamin dan masturbasi memiliki pengaruh yang sama.

Studi tersebut dilakukan sebagai kelanjutan studi sebelumnya yang menyebutkan bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas tidur pria dan wanita setelah berhubungan seksual hingga mencapai klimaks.

Sementara itu, terdapat pula studi lain yang menemukan bahwa pria dan wanita lebih mudah terlelap di waktu bersamaan setelah berhubungan intim, tetapi wanita memang lebih mudah untuk tertidur terlebih dahulu bahkan saat tidak bercinta.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)