Selasa, 16 Mar 2021 22:34 WIB

Hindari, Ini 2 Penyebab Miss V Berbau Tak Sedap

Yuviniar Ekawati - detikHealth
ilustrasi vagina Foto: thinkstock
Jakarta -

Dikutip dari Shape, vagina memang memiliki aroma alami dan itu adalah hal yang normal. Selain itu, tidak perlu khawatir bau tersebut berasal dari vagina yang tidak bersih.

Diketahui bahwa vagina dapat membersihkan dirinya sendiri sehingga perempuan tidak perlu meggunakan pembersih vagina khusus bahkan semprotan beraroma untuk menghilangkan aroma alami tersbut.

"Hal pertama yang harus dipahami adalah bahwa vagina memiliki mikrobioma sendiri seperti mulut dan usus, ia sarat dengan bakteri," kata Karen Brodman, MD, seorang dokter kandungan di New York City.

Karen Brodman menjelaskan bahwa vagina mengandung strain bakteri lactobacillus acidophilus yang menjaga pH vagina yang bersifat asam dikarenakan produksi asam laktat sehingga vagina yang sehat dalam keadaan asam menahan bakteri. Hal tersebut menyebabkan bau tak sedap pada vagina.

Saat mencium aroma vagina sangat menyengat, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Lalu, bagaimana mengetahui aroma tersebut masih tergolong normal atau tidak?

"Seharusnya tidak berbau amis, atau cukup kuat untuk mencium dari jauh," kata Brodman.

Berikut ini dua kegiatan yang dapat menyebabkan vagina mengeluarkan bau menyengat dikutip dari Shape.

1. Bercinta

Cairan yang keluar saat berhubungan badan dapat bercampur dengan air mani sehingga menimbulkan bau tak sedap.

"Bau vagina semakin diperburuk ketika ejakulasi terjadi ke dalam vagina," kata Brodman.

"Sperma memiliki pH basa. PH basa yang dicampur dengan bakteri melepaskan 'bau amina' yang dideteksi sebagai amis." lanjut Brodman.

2. Berolahraga

"Jika Anda berkeringat sedikit lebih banyak dari biasanya, karena olahraga atau lainnya, mengenakan pakaian dalam yang ketat dan ketat (atau legging olahraga), atau sedang menstruasi, Anda mungkin akan merasakan bau musky," kata Nita Landry, M.D seorang OB-GYN di Los Angeles.

Untuk mengatasi hal ini Landry menyarankan untuk mengganti setelan olahraga dan pakaian dalam secepatnya.

Lalu, cucilah vagina menggunakan air hangat dengan memerhatikan bagian celah dan lipatannya. Setelah itu, mencoba untuk tidak menggunakan pakaian dalam sama sekali juga dapat membuat vagina bernapas.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)