Kamis, 18 Mar 2021 20:45 WIB

Heboh Prostitusi Online, Ini Jenis-jenis Perilaku Seks yang Berisiko

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Foto ilustrasi untuk prostitusi artis Ilustrasi prostitusi. (Foto: Phil McCarten/Getty Images)
Jakarta -

Artis Cynthiara Alona diamankan pihak kepolisian karena diduga terseret kasus prostitusi online. Ia diperiksa sebagai pemilik sebuah hotel yang dijadikan lokasi prostitusi.

"Benar inisial CA sebagai pemilik tempat yang diduga digunakan prostitusi online. Hotelnya namanya Alona," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Kamis (18/3/2021).

Saat mendatangi lokasi, polisi menemukan 82 orang di dalam kamar-kamar yang terdiri dari 37 pria dan 45 wanita. Selain itu, ditemukan sebanyak 22 kondom.

Prostitusi yang menyediakan jasa hubungan seksual dengan pasangan sesuai pesanan termasuk perilaku seks berisiko. Pihak yang terlibat lebih berisiko terkena penyakit menular, misalnya seperti infeksi menular seksual (IMS).

Selain prostitusi, ada juga beberapa aktivitas seks yang juga berisiko menularkan penyakit yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Seks tanpa pengaman

Berhubungan seks secara vaginal, oral, ataupun anal tanpa menggunakan pengaman (kondom) bisa membuat seseorang lebih berisiko tertular penyakit seksual, seperti HIV dan lainnya.

2. Gonta-ganti pasangan

Selain bercinta tanpa pengaman atau kondom, berganti-ganti pasangan juga sangat berisiko tertular penyakit seksual. Untuk mengurangi risikonya dengan bercinta hanya dengan satu orang saja.

3. Seks anal

Seks anal merupakan hubungan seks yang dilakukan di sekitar area anal. Kegiatan seks inilah yang paling berisiko menularkan penyakit seksual seperti HIV dan IMS, baik pada pria maupun wanita.

Hal ini disebabkan karena lapisan anus lebih tipis daripada vagina, sehingga lapisan tersebut lebih mudah rusak dan rentan mengalami infeksi.

Untuk mencegahnya, bisa menggunakan pelumas untuk menurunkan risiko kelamin rusak akibat gesekan. Tetapi, cara itu tidak menjamin penuh bisa terbebas dari risiko IMS.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)