Kamis, 01 Apr 2021 21:00 WIB

Wadaw, Mr P Tiba-tiba Nyeri? Kemungkinan 8 Hal Ini Jadi Penyebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi penis Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Sebagai organ reproduksi, penis merupakan salah satu bagian tubuh sensitif yang dimiliki seorang pria. Oleh karena itu tentu saja sebagian pria bisa merasa khawatir Ketika tiba-tiba saja muncul nyeri pada penis karena itu bisa jadi masalah kesehatan.

Dikutip dari Mens's Health, setidaknya ada 8 hal yang bisa jadi penyebab umum rasa nyeri penis. Berikut penjelasannya:

1. Iritasi karena sabun

Sabun atau sampo yang biasa digunakan saat mandi terkadang bisa masuk ke dalam saluran kemih (uretra) lewat ujung kepala penis. Urolog dr Tobias Kohler dari Memorial Medical Center menjelaskan hal ini kemudian dapat menimbulkan iritasi dan terasa perih.

Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh sabun atau sampo akan reda dengan sendirinya.

2. Varikokel testis

Bila seorang pria merasa testisnya kadang terasa nyeri usai mengangkat beban berat atau berdiri lama, bisa jadi itu tanda kondisi varikokel testis. Penyebabnya adalah pembesaran pembuluh darah di kantong buah zakar atau skrotum sehingga memicu peningkatan suhu testis.

"Sebagian pria mendeskripsikan kondisi ini seperti ada cacing biru di kantong buah zakarnya," kata Kohler.

Pria disarankan agar menemui doker bila menyadari pembuluh darah di skrotumnya tampak besar dan kadang terasa nyeri.

3. Priapism

Priapism adalah kondisi yang sering dideskripsikan sebagai ereksi berkepanjangan atau ereksi 'permanen'. Hal ini disebabkan ketika ada gangguan pada pembuluh darah sehingga darah yang terkumpul di penis untuk membuatnya ereksi tidak bisa keluar.

Dalam kondisi normal Kohler menjelaskan bahwa darah bisa mengalir bebas keluar masuk dari jaringan penis. Ketika darah berkumpul maka penis akan terisi sehingga jadi ereksi. Begitu juga sebaliknya ketika darah keluar dari penis maka ereksi akan reda.

Rasa nyeri timbul karena jaringan penis mengalami kerusakan akibat minimnya kandungan oksigen di dalam darah yang tidak bersirkulasi. Segera cari bantuan medis karena bila berlangsung lama maka bisa terjadi kerusakan serius pada penis.

Kohler menyebut priapism biasanya terjadi pada pria yang sembarangan mengonsumsi 'obat kuat', seperti viagra.

4. Testis melintir

Bila tiba-tiba saja testis terasa nyeri hebat dan tidak kunjung reda dalam waktu dekat, bisa jadi ini disebabkan kondisi testis melintir atau testiscular torsion. Ini terjadi ketika testis terpelintir di dalam skrotum sehingga menyebabkan terputusnya aliran darah dan oksigen.

"Pada dasarnya ini seperti bila testis kamu mengalami serangan jantung," kata Kohler.

Bila nyeri tak kunjung reda sampai beberapa jam maka segera cari pertolongan medis. Alasannya karena bila dibiarkan bisa membuat testis mengalami kerusakan permanen.

5. Epididimitis

Nyeri yang terasa di bagian atas skrotum, dekat dasar penis, bisa disebabkan kondisi epididimitis alias peradangan pada epididimis. Organ ini berfungsi sebagai saluran dan tempat penyimpanan sperma.

Epididimitis diketahui bisa disebabkan masalah infeksi sehingga sebaiknya segera temui dokter.

6. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) terjadi ketika bakteri menginfeksi uretra. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan rasa nyeri saat seseorang kencing.

ISK biasanya diobati dengan pemberian antibiotik.

7. Penis bengkok

Bentuk penis tiap pria bisa berbeda-beda, misalnya saja sedikit bengkok. Namun, kadang ada penis dengan bengkok yang ekstrem disebut penyakit Peyronie's atau Peyronie's disease. Orang dengan Peyronie's disease dapat mengalami rasa nyeri pada penisnya saat terjadi ereksi.

Sampai saat ini tidak diketahui pasti penyebab Peyronie's disease. Dokter bisa membantu lewat obat-obatan oral, suntik, hingga operasi.

8. Parafimosis

Bagi pria yang tidak disunat, kulup atau kulit kepala penis yang ditarik kebelakang kadang bisa tersangkut dan tidak bisa kembali ke posisi semula. Dampaknya bisa terjadi pembengkakkan yang mengganggu aliran darah pada penis sehingga timbul rasa nyeri.

Segera temui dokter agar bisa dilakukan proses penormalan kulup penis. Bila dibiarkan maka ada kemungkinan jaringan penis mengalami kerusakan permanen.



Simak Video "Nyeri Hebat saat Menstruasi Bisa Mandul? Ini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)