Kamis, 15 Apr 2021 20:45 WIB

5 Fakta Unik Sperma, Kandungan Kalori hingga Volume Ejakulasi

Yuviniar Ekawati - detikHealth
ilustrasi sperma Foto: iStock
Jakarta -

Sperma merupakan salah satu pembahasan yang menarik jika sedang berbicara soal seks. Meski begitu, kadang-kadang tabu untuk dibicarakan jika situasinya dianggap tidak tepat.

Sebenarnya pembahasan soal sperma masih menyimpan banyak misteri. Fakta yang jelas dan tak terbantahkan adalah sperma dapat membuahi sel telur hingga membuat hamil.

Namun selain itu, terdapat beberapa fakta unik dan menakjubkan lainnya perihal sperma. Berikut ini adalah lima fakta unik soal sperma, dikutip dari Self.

1. Sperma berbeda dengan air mani

Seringkali kata-kata air mani atau semen dipilih untuk menggantikan penyebutan sperma agar terdengar lebih pantas. Padahal keduanya tidaklah sama.

"Semen adalah apa yang diproduksi oleh penis selama ejakulasi," F Nicholas Shamma, ahli endokrinologi reproduksi, spesialis infertilitas, dan anggota pendiri IVF Michigan Fertility Center.

Sedangkan sperma yang termasuk dalam semen adalah sel germinal mikroskopis yang sedang dalam misi untuk membuahi sel telur.

2. Air mani hanya mengandung sekitar 5-10 kalori setiap ejakulasi

Air mani hanya mengandung sedikit kalori, hal itu disebabkan karena sebagian besar kandungan semen adalah air.

"Itu karena sebagian besar air. Ini juga terdiri dari gula seperti fruktosa, protein yang diproduksi prostat yang disebut prostaglandin, dan enzim," jelas Paul R Shin, M.D., seorang ahli urologi di Shady Grove Fertility di daerah Washington, D.C.

3. Sperma dapat bertahan lama di dalam tubuh

Sperma diketahui dapat bertahan di dalam tubuh perempuan hingga lima hari. Meski begitu, saat di luar tubuh manusia sperma hanya bertahan dalam hitungan menit.

Sehingga, perempuan tidak perlu khawatir akan hamil karena berenang di tempat kolam renang umum karena sperma akan mati jika terpapar lingkungan di luar tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]