Senin, 26 Apr 2021 21:39 WIB

Gampang Banget Terangsang? Mungkin Ini Penyebabnya

Ardela Nabila - detikHealth
Fashion portrait of young elegant woman in bed Ilustrasi seks (Foto: iStock)
Jakarta -

Libido yang terlalu rendah kerap membuat khawatir banyak orang. Di sisi lain, terdapat orang yang juga bertanya-tanya mengapa libidonya selalu pada puncaknya.

Meski tidak ada patokan yang bisa menjelaskan kapan seseorang bisa dikatakan 'terlalu terangsang', namun jika libido yang tinggi tersebut telah mengganggu produktivitas dan aktivitas sehari-hari, maka hal ini mungkin saja disebabkan oleh sejumlah faktor.

Dikutip dari laman Mind Body Green, berikut 5 alasan potensial yang bisa menjelaskan mengapa kamu sering kali merasa sangat terangsang.

1. Hormon

Saat membicarakan hormon dan gairah seks, testosteron mungkin merupakan hal yang pertama kali muncul di pikiran. Sebab, testosteron memang berkaitan dengan fungsi seksual pria dan wanita. Ketika tingkat testosteron tinggi, maka libido turut akan meningkat.

Tingginya kadar testosteron ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup, olahraga rutin, ovulasi, atau masa pubertas. Selain testosteron, hormon estrogen dan progesteron juga bisa mempengaruhi libido.

2. Jenis makanan yang dikonsumsi

Beberapa makanan dipercaya dapat meningkatkan libido. Menurut obgyn Anna Cabeca, DO, coklat dan keju mengandung zat bernama phenylethylamine (PEA), yakni zat alami yang diproduksi oleh otak sebagai respons perasaan cinta. PEA ini lah yang dipercaya mempengaruhi mengapa seseorang kerap merasa terangsang.

Beberapa makanan lain yang juga dikenal sebagai makanan pendongkrak libido, yaitu tiram, alpukat, dan makanan yang mengandung lemak omega-3 juga mengandung vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan libido.

3. Sering masturbasi

Terlalu sering masturbasi bisa mempengaruhi libido kamu, lho. Ketika seseorang terlalu sering masturbasi atau terlibat dalam aktivitas seksual, maka semakin mudah pula orang itu merasa mudah terangsang.

Selain bisa membuat kamu menjadi sering mengalami peningkatan libido, masturbasi juga bisa melepaskan hormon dopamine dan testosteron, serta meningkatkan kepuasan seks saat bercinta.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]