Kamis, 29 Apr 2021 19:00 WIB

7 Hal Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Bercinta Pertama Kali

Ardela Nabila - detikHealth
Young male and female in blue protective masks taking photo by phone on tripod at home Ilustrasi seks (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Bercinta atau berhubungan intim pertama kali kerap membuat banyak pasangan baru merasa was-was. Terlebih dengan adanya berbagai anggapan menyeramkan soal seks saat pertama kali.

Salah satunya adalah pengalaman seks pertama kali yang sering kali disebut-sebut terasa menyakitkan. Di sisi lain, bercinta untuk pertama kalinya merupakan salah satu momen penting yang tentunya tak ingin terlewatkan.

Apalagi, seks memang menjadi salah satu cara agar pasangan bisa membangun hubungan yang lebih intim lagi. Agar pengalaman bercinta pertama kali bebas dari rasa sakit, maka berikut 7 hal yang para pasangan harus ketahui sebelum memulainya, seperti dikutip dari laman First Post.

1. Bicarakan terlebih dahulu

Sebelum memutuskan untuk berhubungan intim, ada baiknya kamu bicarakan rencana tersebut dengan orang dewasa terdekat yang sudah pernah melakukannya. Dengan demikian, kamu akan lebih mengetahui hal-hal kecil yang harus diperhatikan saat bercinta.

Kamu mungkin akan sedikit merasa was-was atau takut, namun hal ini justru akan menimbulkan pertanyaan baru lagi agar semuanya terasa lebih jelas. Jadi, saat akan mengambil keputusan untuk memulai seks pertama kali kamu akan lebih siap menghadapinya.

2. Bersiap-siap

Sebelum memulai sesi bercinta, ada baiknya pasangan melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan ini bisa dilakukan dengan cara membaca tips tentang hubungan intim, metode proteksi, penyakit seksual menular, organ seksual, dan zona erotis.

Setelah itu, baru kamu bisa mempersiapkan kondom dan lubrikan atau pelumas. Apabila kamu merasa bingung saat memilih jenis kondom dan lubrikan yang cocok, maka kamu bisa membeli beberapa jenis sekaligus untuk mengetahui mana yang paling cocok.

3. Pahami persetujuan

Hal paling penting mengenai hubungan intim untuk pertama kali adalah sebuah persetujuan. Pasangan harus selalu mengomunikasikan apapun dan harus sama-sama setuju. Jika salah satu dari pasangan merasa tidak nyaman, maka sebaiknya tunda sesi bercinta. Perlu diingat juga untuk saling menghargai dan memahami apa yang pasangan inginkan dan tidak inginkan.

4. Bangun kepercayaan

Memiliki rasa kepercayaan dengan pasangan akan membuat pengalaman seks kamu terasa lebih nyaman, lho. Dengan membangun kepercayaan, artinya kamu dan pasangan harus saling jujur dengan satu sama lain. Kamu mungkin bisa menjelaskan bahwa ini merupakan pengalaman pertama, sehingga ia bisa lebih berhati-hati.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]