Kamis, 06 Mei 2021 21:02 WIB

Miss V Sering 'Masuk Angin'? Kenali Berbagai Kemungkinan Penyebabnya

Yuviniar Ekawati - detikHealth
ilustrasi vagina Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Gas yang terperangkap di rongga Miss V kerap memicu bunyi mirip kentut. Bedanya, tidak ada bau menyengat karena bukan gas dari hasil metabolisme makanan seperti halnya kentut beneran.

Meski tidak bau, kentut Miss V atau kerap disebut 'queef' bisa dibilang cukup mengganggu. Setidaknya, bikin canggung jika sampai terdengar orang di sekitar.

Sebenarnya, apa sih penyebab Miss V bisa terkentut-kentut?

Berikut ini adalah 2 penyebab umum vagina mengeluarkan suara kentut, dikutip dari beberapa sumber.

1. Seks

Aktivitas seksual merupakan penyebab paling umum keluarnya suara kentut dari vagina. Hal ini bisa terjadi dikarenakan gerakan saat penetrasi, penis keluar masuk vagina, menyebabkan udara masuk kemudian terperangkap di dalamnya, dikutip dari Healthline.

Saat otot dalam keadaan menegang ketika penis diangkat atau orgasme, gas yang terperangkap tersebut kemudian akan keluar dan menimbulkan suara kentut.

Tidak hanya karena penetrasi, terperangkapnya gas di dalam vagina bisa juga terjadi dikarenakan aktivitas oral seks. Meski begitu, jangan khawatir, kentut dari vagina tidak menimbulkan bau tak sedap.

2. Yoga

Dikutip dari Very Well Fit, keluarnya gas dari vagina saat melakukan yoga terjadi kepada banyak perempuan, terlebih pada perempuan yang memiliki otot dasar panggul atau pelvic floor yang kendur.

Sama seperti saat melakukan aktivitas seksual, gas yang keluar dari vagina saat yoga terjadi karena adanya udara yang terperangkap di dalamnya. Vagina merupakan lubang yang pada saat gerakan tertentu dapat membuat udara masuk ke dalamnya. Saat udara tersebut dipaksa keluar, ia akan mengeluarkan suara layaknya kentut.

Sebenarnya tidak banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghindari terperangkapnya gas dalam vagina. Tetapi, terdapat beberapa tips yang dapat membantu, diantaranya adalah melakukan senam kegel untuk memperkuat dasar panggul.

Sedangkan untuk menghindari terperangkapnya gas saat melakukan aktivitas seksual adalah dengan memberikan cukup cairan pelumas pada vagina. Hal itu dilakukan untuk dapat menghindari gesekan yang kering sehingga memungkinkan gas terperangkap di dalamnya.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)