Sabtu, 08 Mei 2021 19:01 WIB

Lagi Malas Bercinta? 5 Cara Alami Ini Ampuh untuk Tingkatkan Gairah Seks

Ardela Nabila - detikHealth
Young female holding hands sensually on red silk bed. Foto: iStock
Jakarta -

Tingkat libido atau gairah seks bisa berbeda-beda pada setiap orang. Turunnya libido dalam beberapa waktu merupakan hal yang normal. Namun, apabila seseorang ingin meningkatkan libidonya, terdapat banyak cara alami yang bisa dilakukannya.

Tinggi atau rendahnya libido seseorang juga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor usia, kesehatan, dan kecemasan. Meski demikian, libido rendah kerap kali menurunkan kepercayaan diri saat berhadapan dengan pasangan dan bisa mempengaruhi hubungan.

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut 5 cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan libido atau gairah seks.

1. Fokus pada foreplay

Pengalaman seks yang menyenangkan bisa meningkatkan dorongan seksual yang bisa meningkatkan libido. Dalam beberapa kasus, pasangan sering kali meningkatkan pengalaman seks mereka dengan fokus pada foreplay, seperti berciuman, bersentuhan, serta seks oral.

Bagi wanita, foreplay merupakan hal yang penting. Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2017, hanya sebanyak 18 persen wanita bisa mencapai klimaks melalui penetrasi, sedangkan 33,6 persen wanita dilaporkan membutuhkan stimulasi klitoris untuk orgasme.

2. Tidur cukup

Mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas bisa meningkatkan suasana hati dan energi seseorang. Sejumlah penelitian juga mengungkap bahwa tidur berkualitas bisa meningkatkan libido seseorang. Dalam sebuah studi tahun 2015, mendapatkan cukup tidur di malam hari bisa meningkatkan gairah seks di keesokan harinya.

3. Menjaga pola makan

Diet bernutrisi bermanfaat bagi gairah seks seseorang lantaran makanan sehat bisa meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan jantung. Sebab, sindrom metabolik dan penyakit kardiovaskuler bisa mempengaruhi fungsi seksual seseorang. Dengan menjaga pola makan sehat, seperti sayur-sayuran, makanan rendah gula, dan protein tanpa lemak bisa mencegah sejumlah penyakit yang mempengaruhi libido.

4. Olahraga teratur

Menurut studi tahun 2015, olahraga teratur bisa menjadi solusi bagi pria yang mengalami masalah seperti penurunan libido. Studi lain yang dilakukan pada tahun 2010 mengungkap wanita yang rutin berolahraga dan fokus pada latihan tulang dasar panggul dapat meningkatkan libido.

5. Berhenti merokok

Merokok bisa memberikan efek negatif pada sistem kardiovaskuler seseorang. Kesehatan jantung yang baik tentunya mempengaruhi fungsi seksual yang juga berpengaruh pada libido seseorang. Selain it, berhenti merokok juga bisa meningkatkan energi dan gairah seks.



Simak Video "Karantina Akibat Corona Pengaruhi Gairah Seks, Bagaimana Mengatasinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)