Jumat, 21 Mei 2021 20:45 WIB

Mengenal Dilator, Alat untuk Meregangkan Miss V Agar Tak Nyeri Saat Bercinta

Firdaus Anwar - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Ilustrasi seks (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Rasa nyeri pada vagina yang timbul saat bercinta bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya kadang nyeri terjadi ketika otot-otot vagina terlalu tegang sehingga penetrasi sulit dilakukan dan terjadi gesekan ekstra pada organ intim.

Untuk mengatasi hal tersebut, ahli biasanya merekomendasikan agar pasangan lebih lama melakukan foreplay atau pemanasan sebelum bercinta agar lubrikasi pada vagina lebih optimal. Bisa juga dengan bantuan pelumas khusus sehingga penetrasi jadi lebih mudah dilakukan.

Namun, bila kemudian rasa nyeri masih timbul, ada alat dilator untuk membantu para wanita.

Dikutip dari Healthline, dilator pada dasarnya alat medis berbentuk silinder yang terbuat dari silikon atau plastik. Dilator dapat mengurangi rasa nyeri dengan membantu melemaskan dan meregangkan otot-otot ketika dimasukkan ke dalam vagina.

"Memasukkan alat ini ke vagina juga bisa membantu orang-orang untuk latihan rileks atau menguatkan otot-otot dasar panggul. Tersedia berbagai macam ukuran dari yang tipis sampai tebal," tulis artikel Healthline yang telah ditinjau oleh spesialis kandungan dr Carolyn Kay.

"Dilator seringnya digunakan untuk membantu mereka yang mengalami nyeri karena rasa cemas terhadap bercinta," lanjut Healthline.

Hal yang membedakan dilator dengan alat seperti mainan seks dildo adalah cara penggunaannya. Sebagai alat terapi dilator digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam vagina secara perlahan dan didiamkan selama beberapa menit sampai otot-otot terbiasa.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)