Sabtu, 22 Mei 2021 21:00 WIB

Kondom 'Bocor' Saat Sedang Bercinta? Ini yang Harus Dilakukan!

Yuniviar Ekawati - detikHealth
fantasi seksual Foto: iStock
Jakarta -

Untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan, peran pengaman atau alat kontrasepsi seperti kondom untuk mencegah kehamilan merupakan hal yang vital.

Namun, Anda melakukan hubungan seks tanpa pengaman atau kondom mengalami kebocoran, sebaiknya segera menggunakan kontrasepsi darurat.

Banyak orang yang cemas saat menghadapi kondisi seperti ini, tetapi jangan lakukan hal-hal yang justru dapat merugikan diri sendiri dan pasangan. Berikut ini hal-hal yang penting untuk diperhatikan setelah melewati seks yang tidak aman, dikutip dari Health.

1. Hindari mencoba douching

Douching adalah sebuah alat yang dapat diisi cairan untuk membersihkan vagina. Meski begitu, hal ini berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai masalah bagi masalah kesehatan. Douching dapat megubah kseimbangan bakteri di saluran reproduksi sehingga dapat menyebabkan infeksi.

"Douching dapat meningkatkan risiko infeksi panggul," kata Lisa Perriera, MD, MPH, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di University Hospitals Case Medical Center, Cleveland.

2. Konsumsi morning-after pill

Morning-after pill merupakan kontrasepsi darurat yang dapat digunakan pada pagi hari setelah seks tidak aman dilakukan pada malam sebelumnya. Pil ini merupakan produk hormonal yang dapat mencegah ovulasi atau pembuahan.

Morning-after pill akan efektif digunakan jika dikonsumsi kurang dari tiga hari dan lebih cepat setelah berhubungan seks tanpa kondom atau kontrasepsi lainnya.

3. Pertimbangkan penggunaan IUD

IUD adalah kontrasepsi dengan bahan tembaga yang dapat menjadi alat penunda kehamilan setelah melakukan seks yang tidak aman jika dipasang lima hari setelah berhubungan seksual.

"Tampaknya bekerja dengan meningkatkan lendir serviks dan mengusir sperma," kata Beth Jordan, MD, direktur medis Asosiasi Profesional Kesehatan Reproduksi.

4. Lakukan tes IMS

Selain berisiko tinggi terjadi kehamilan tidak direncanakan, melakukan seks tanpa pengaman juga berisiko tertular Infeksi Menular Seksual (IMS).

Kondom merupakan satu-satunya alat kontrasepsi yang dapat mencegah terinfeksi IMS. Para ahli merekomendasikan untuk melakukan tes gonore, klamidia, sifilis, HIV, dan virus hepatitis B dan C dalam beberapa minggu setelah hubungan seks tanpa kondom.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)