Rabu, 26 Mei 2021 19:33 WIB

Nggak Harus Berbau Seperti Bunga, Ini Aroma Vagina Normal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
peterseli dimasukin ke vagina Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Bagi wanita, salah satu hal yang sering bikin insecure terkait dengan kesehatan vagina. Nggak jarang wanita yang merasa segan dan malu membicarakan seputar vagina kepada tenaga kesehatan, padahal layaknya anggota tubuh lain, Anda juga perlu mengenal miss V dengan baik.

Topik yang sering diangkat jika berbicara mengenai kesehatan miss V adalah aroma vagina. Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, seperti apa sih aroma miss v yang normal?

"Flora normal dari vagina itu nggak apek, nggak amis. Kalau berbau, mungkin disebabkan keputihan," kata spesialis obgyn dr Nisa Fathoni, SpOG, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (26/5/2021).

Vagina yang normal dan sehat tak perlu wangi layaknya bunga atau buah. Tiap vagina memang memiliki bau khas, pada dasarnya akan berbau agak asam.

"Nggak ada yang bilang vagina itu harus bau bunga atau wewangian. Kita sebutnya bau normal. Kita bisa bilang itu amis, apek, kan berarti memang sudah tidak wajar. Kalau memang mau parameter yang lebih betul, bisa periksa," jelas dr Nisa.

Perlu nggak pakai sabun pembersih?

Kata dr Nisa, pakai sabun kewanitaan boleh-boleh saka. Namun harus diperhatikan kadar pH dan kandungan yang ada dalam pembersih kewanitaan yang dipakai.

"Tapi secara alami vagina kita tuh pinter loh dia bisa membersihkan sendiri, self cleaning. Jadi punya flora normal yang bisa membersihkan bakteri," pungkas dr Nisa.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)