Minggu, 06 Jun 2021 21:03 WIB

Jadi Gampang Terangsang Tiap Menjelang Menstruasi, Inikah Penyebabnya?

Ardela Nabila - detikHealth
Torso of an unrecognizable woman is showing red square card to camera representing with menstruation written in white. Menstruasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/simarik)
Jakarta -

Sering merasa mudah terangsang sebelum dan saat sedang menstruasi? Ternyata, hal tersebut merupakan hal yang normal terjadi, lho. Hal ini disebabkan oleh siklus hormonal wanita.

Saat menstruasi, hormon wanita akan mengalami perubahan, tergantung dengan fase siklus menstruasinya. Hormon yang memiliki peran terhadap dorongan seksual wanita adalah testosteron dan estrogen, yang meningkat selama siklus ini.

Biasanya, wanita akan mudah terangsang pada masa ovulasi yang dimulai 14 hari sebelum menstruasi dan akan bertahan selama tujuh hari. Selain itu, kulit juga akan terasa lebih berminyak lantaran adanya peningkatan sebum.

Kendati demikian, seperti dikutip dari laman Mind Body Green, tidak semua wanita merasakan hal serupa. Jadi, apabila kamu tidak merasakannya, bukan berarti siklusmu tidak normal.

Penyebab lain mengapa wanita merasa lebih mudah terangsang adalah karena adanya peningkatan peredaran darah ke panggul dan area kewanitaan. Dengan demikian, area tersebut menjadi lebih sensitif dan mudah terstimulasi.

Lebih lanjut, saat menstruasi, wanita akan mendapatkan pelumas alami dari darah menstruasi. Pada beberapa orang, hal ini juga bisa menjadi penyebab mengapa wanita menjadi lebih mudah terangsang.



Simak Video "Ini Manfaat yang Didapat Jika Mencatat Siklus Haid "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)