Senin, 07 Jun 2021 19:45 WIB

Cemas Malam Pertama? 5 Tips Bagi yang Baru Pertama Kali Bercinta

Firdaus Anwar - detikHealth
Bapak-bapak! Ini 5 Makanan yang Bisa Turunkan Gairah Seks Pria Foto: iStock
Jakarta -

Momen malam pertama bisa jadi hal yang mendebarkan bagi pasangan baru. Wajar bila itu terjadi, namun perlu diingat jangan terlalu berlebihan sehingga malah jadi cemas dan khawatir yang bisa merusak momen.

Seksolog Jill McDevitt dari CalExotics mengatakan tidak perlu terlalu khawatir karena seks tidak akan mengubah seseorang. Menurut Jill 'keperawanan' sebetulnya adalah konsep sosial yang tidak benar-benar ada.

"Itu hanyalah konsep sosial yang kita buat, kamu setelah berhubungan seks sama saja dengan kamu sebelum berhubungan seks. Sama saja seperti kamu sebelum dan setelah makan es krim untuk pertama kalinya," kata Jill seperti dikutip dari Refinery29, Senin (7/6/2021).

Jadi bagaimana supaya malam pertama berjalan lancar? Berikut beberapa tips dari Jill.

1. Tentukan lokasi

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa cemas dan khawatir adalah menentukan tempat bercinta yang tepat. Jangan sampai kamu dan pasangan malah jadi memikirkan momen intim diganggu atau diintip oleh orang lain.

Bila kamu tinggal bersama kerabat atau orang lain, maka pilih waktu saat tidak ada orang di rumah.

2. Buang ekspektasi

Banyak pesan di tengah masyarakat atau media tentang apa-apa saja yang akan terjadi saat malam pertama. Menurut Jill sebagian besar hal tersebut belum tentu benar karena pengalaman tiap orang akan berbeda-beda.

Buang jauh-jauh ekspektasi malam pertama yang mungkin kamu dengar dari orang lain.

"Momen pertama bercinta itu biasanya bukan seks terbaik kita... Tidak semua orang mungkin akan 'berdarah, nyeri, atau menyukainya. Bila kamu termasuk kategori ini, ketahuilah itu wajar terjadi," kata ahli hubungan Emily Morse.

3. Kenali tubuh sendiri

Sebelum bercinta dengan pasangan, kamu harus mengetahui tubuh kamu sendiri. Sebagai contoh jenis rangsangan seksual apa saja yang mungkin kamu sukai.

Tujuannya agar kamu bisa mengomunikasikanya dengan pasangan sehingga bercinta jadi lebih menyenangkan.

4. Yakin dan nyaman dengan pasangan

Sebelum bercinta, kamu harus memastikan benar-benar merasa yakin dan percaya dengan pasangan. Jangan malu untuk mengutarakan perasaan sehingga seks bisa membuat hubungan tambah intim, bukan menjadi beban kewajiban.

"Pelan-pelan saja. Perhatikan perasaan kamu dan fokus dengan apa yang terjadi," kata Emily.

5. Jangan lupa foreplay

Habiskan lebih banyak waktu untuk pemanasan atau foreplay. Tujuannya untuk membangun gairah sehingga pengalaman bercinta jadi lebih menyenangkan.

Foreplay juga membantu lubrikasi vagina dan ereksi penis jadi lebih optimal.



Simak Video "Apakah Rekam Video Seks Diri Sendiri Termasuk Gangguan Jiwa?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)