Selasa, 08 Jun 2021 18:30 WIB

Bisa Jadi Masalah Serius, Ini 4 Tanda Kecanduan Masturbasi

Ardela Nabila - detikHealth
ilustrasi ereksi Foto: iStock
Jakarta -

Masturbasi merupakan salah satu aktivitas seksual yang paling kontroversial. Meski ada yang bilang bermanfaat, jika dilakukan secara berlebihan juga bisa berdampak negatif, lho.

Bahkan, masturbasi berlebihan bisa menandakan bahwa kamu telah kecanduan masturbasi. Meski tidak ada patokan khusus hingga seseorang dianggap kecanduan masturbasi, terdapat sejumlah ciri-ciri kamu telah kecanduan.

"Sebanyak apapun Anda masturbasi tidak masalah, tetapi jangan sampai masturbasi justru berdampak negatif pada kehidupan," ujar pakar seks Dan Drake, MFT, LPCC, dikutip dari Men's Health, Selasa (8/6/2021).

Lalu, bagaimana cara mengetahuinya ketika sudah kecanduan masturbasi? Berikut sejumlah tanda fisik dan psikologis yang bisa dirasakan ketika kamu terlalu sering masturbasi hingga kecanduan.

1. Kamu melukai diri sendiri

Tanpa disadari, terlalu sering masturbasi sebenarnya sama saja seperti melukai diri sendiri. Sebab, terdapat beberapa dampak negatif yang bisa dirasakan, seperti lecet pada kulit penis, penyakit peyronie, hingga menumpuknya jaringan parut pada penis lantaran terlalu banyak gesekan.

Apabila kamu telah mengalami beberapa hal di atas, maka sebaiknya kurangi frekuensi masturbasi. Pasalnya, itu artinya kamu telah kecanduan masturbasi sampai tidak memperdulikan bahwa kamu sebenarnya tengah melukai diri sendiri.

2. Pekerjaan terganggu

Sering mengobarkan waktu untuk bekerja dan meeting lantaran ingin masturbasi? Maka hal ini pertanda bahwa masturbasi telah mengganggu kehidupan sosial kamu, termasuk dalam hal pekerjaan. Oleh sebab itu, jika merasakan hal demikian, terapkan kontrol terhadap diri sendiri.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]