Selasa, 08 Jun 2021 21:40 WIB

Miss V Gatal dan Berbau? Ini 4 Cara Mengartikannya

Ardela Nabila - detikHealth
Thoughtful woman sitting on bed while her husband sleeping Foto: Getty Images/101dalmatians
Jakarta -

Sejumlah kondisi pada vagina bisa menandakan adanya masalah pada kesehatan, lho. Meski aroma dan keputihan pada vagina setiap wanita berbeda-beda, apabila terdapat sesuatu yang tidak biasa, maka sebaiknya jangan diabaikan.

Pasalnya, tanda-tanda tersebut merupakan salah satu cara yang vagina lakukan untuk memberikan sinyal bahwa ada hal yang perlu kamu perhatikan. Oleh sebab itu, apabila mengalami hal yang tidak biasa pada vagina, lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Dikutip dari laman Health, berikut 4 kondisi pada vagina yang menandakan adanya masalah kesehatan.

1. Vagina gatal

Pernah merasa area kewanitaan terasa sangat gatal? Hal tersebut menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak benar, lho. Salah satunya adalah reaksi alergi terhadap sabun yang digunakan ketika mandi.

Bisa juga menandakan bahwa vagina mengalami vaginosis bakterial, yakni masalah pada vagina yang terjadi ketika bakteri normal pada vagina tidak seimbang, infeksi jamur, atau penyakit menular seksual.

2. Vagina mengeluarkan aroma tidak sedap

Aroma yang tercium dari vagina bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, lho. Beberapa di antaranya adalah menstruasi, pakaian yang digunakan, dan keringat. Namun, vagina yang normal tidak seharusnya beraroma tidak sedap.

Menurut Michael Cackovic, MD, seorang obgyn dari Ohio State University Wexner Medical Center, aroma pada vagina bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Namun, infeksi juga bisa menjadi penyebab lainnya vagina mengeluarkan aroma tidak sedap.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]