Rabu, 09 Jun 2021 06:07 WIB

Terungkap, Ini Penyebab Mr P Ereksi saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Ardela Nabila - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Terbangun dengan ereksi merupakan hal yang biasa bagi pria. Tetapi, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa hal tersebut terjadi?

Ereksi di pagi hari, atau yang biasa disebut dengan morning wood, sebenarnya berhubungan dengan salah satu tahapan tidur, yaitu fase rapid eye movement (REM). Sebagai bagian dari pola tidur normal, transisi tidur muncul di malam hari dan terdiri dari beberapa fase.

Dikutip dari Very Well Health, saat pagi hari, biasanya tubuh akan akan bertahan dalam fase REM lebih lama. Artinya, ketika kamu terbangun di pagi hari, maka kamu baru saja terbangun dari fase tidur REM. Pada fase ini juga, penis biasanya mengalami ereksi.

Hal tersebut terjadi karena membesarnya pembuluh darah lantaran terjadi aktivitas sistem saraf parasimpatis yang mempengaruhi saraf sakral. Ketika ini terjadi di pagi hari, maka penis yang menjadi 'tegang' tersebut disebut dengan morning wood.

Ereksi di pagi hari juga menandakan bahwa tubuh sedang melakukan pemeriksaan 'sistem' selama kamu tertidur. Oleh karenanya, fenomena ini adalah hal yang sangat normal terjadi pada pria.

Biasanya, ereksi tersebut akan bertahan selama 25 menit dan menghilang beberapa menit sesudah bangun tidur. Di sisi lain, apabila pria tidak mengalami ereksi di pagi hari, maka bisa menjadi pertanda pria memiliki masalah pada pembuluh darah, saraf, atau disfungsi ereksi.

Bagaimana jika pria terbangun tanpa morning wood?

Apabila pria tidak bangun dengan ereksi di pagi hari, maka bukan berarti kamu tidak normal, lho. Bisa saja hal tersebut menandakan kamu tidak terbangun dari fase tidur REM atau ereksi telah menghilang saat kamu sudah mendapatkan kesadaran penuh.

Namun, sejumlah faktor lain juga bisa menyebabkan pria kesulitan ereksi di pagi hari. Seperti karena adanya sleep apnea atau gangguan tidur, atau faktor psikologis seperti stres atau gangguan kecemasan.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)