Senin, 14 Jun 2021 20:16 WIB

5 Cara Mengobati Vagina Lecet Sehabis Bercinta, Aman dan Gampang Dicoba

Vidya Pinandhita - detikHealth
female hand holding a heart shape closeup Foto: iStock
Jakarta -

Vagina lecet setelah bercinta amat mungkin terjadi. Selain perih jika disentuh, tak jarang lecet bikin wanita serba tak nyaman dalam bergerak, bahkan saat beraktivitas biasa lantaran luka tergesek pakaian dalam. Lalu, adakah cara mengobati vagina lecet ini?

Memang, luka ini umumnya sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari walau didiamkan saja tanpa obat dan penanganan apa pun. Namun jika merasa tak nyaman, ada langkah-langkah yang bisa dicoba sebagai cara mengobati vagina lecet:

1. Selektif soal celana dalam

Jika vagina sedang lecet, gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat agar area sekitar vagina bisa 'bernapas'. Selain itu, ganti celana dalam secara rutin agar luka lecet tidak terkena lembab akibat keringat.

"Perubahan sederhana harus dilakukan. Ganti celana dalam, jangan memakai celana ketat. Jangan memakai poliester, lebih baik katun. Untuk itu, ubah kondisi dan pastikan area vagina tidak yang berkeringat," kata Shohreh Beski, dokter kandungan di The Regenerative Women's Clinic, dikutip dari Cosmopolitan, Senin (14/6/2021).

2. Kebersihan nomor 1

Sebelum cebok atau menyentuh vagina, pastikan tangan dalam kondisi bersih. Baiknya, cuci tangan dulu dengan air bersih dan sabun sebelum menyentuh area vagina.

Untuk membersihkan area vagina yang lecet, basuh dengan air hangat sebanyak 2 kali sehari.

3. Keringkan vagina dengan benar

Setelah membasuh area vagina yang lecet, keringkan vagina dengan lembut. Pastikan, vagina tidak dalam keadaan basah dan lembab ketika kembali mengenakan pakaian dalam.

Langkah ini juga bertujuan menjaga kebersihan area vagina dan mencegah gatal.

4. Hati-hati memakai produk

Jika ingin menggunakan sabun pembersih vagina yang lecet, pastikan produk bebas dari kandungan pengharum. Sebab, produk dengan bahan tersebut justru bisa mengganggu keseimbangan pH pada area vagina.

5. Gunakan obat antiseptik jika perlu

Jika luka lecet berada di area yang memungkinkan untuk diberikan obat antiseptik, langkah ini bisa dilakukan sebagai cara mengobati vagina lecet. Namun baiknya, obat antiseptik seperti jenis tetes dan obat merah tidak digunakan dalam jangka waktu panjang.



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)