Senin, 21 Jun 2021 19:31 WIB

5 Macam Bentuk Miss V dan Sebutannya, Termasuk yang Mana?

Vidya Pinandhita - detikHealth
ilustrasi vagina Vagina punya ragam bentuk, semua sempurna apa adanya. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Setiap wanita memiliki bentuk Miss V alias vagina berbeda dari segi bentuk, warna, ukuran, hingga aroma. Namun perbedaan ini sama sekali tak perlu dikhawatirkan. Selama tidak ada gejala dan rasa sakit, perbedaan bentuk ini benar-benar normal.

Labia atau 'bibir vagina' menjadi bagian paling mencolok pada bentuk miss v. Bagian ini tak jarang membuat wanita 'insecure', takut miss V-nya tak seindah miss v wanita lainnya. Dokter kandungan Sherry Ross, MD, OB-GYN menyebut, wanita sama sekali tidak perlu takut karena pada dasarnya, setiap bentuk vagina sudah pasti berbeda.

"Labia, atau bibir vagina merupakan bagian yang kerap menjadi masalah insecure wanita, padahal memang bervariasi pada setiap orang. Faktanya, bahkan bagian vagina ini memang tidak persis sama. Ini sepenuhnya biasa. Berbeda itu normal," kata Ross, dikutip dari Insider, Senin (21/6/2021). .

Dikutip dari The Sun, berikut 5 bentuk vagina paling sering ditemukan beserta nama panggilan dan karakteristiknya:

1. Miss Curtains

Bentuk Miss V ini adalah bentuk paling umum. Disebut 'Miss Curtains' alias 'tirai' karena labia minora kelihatan mengintip dari sela-sela labia mayora. Banyak orang berpikir, labia minora yang bersembunyi ini berbentuk simeteris. Namun tak selalu demikian.

Jadi jika Anda mendapati bagian Miss V Anda tak simetris, tak perlu khawatir! Miss V Anda sempurna apa adanya.

2. Miss Barbie

Bentuk satu ini sering dianggap bentuk paling jarang, di mana labia minora benar-benar tersembunyi di dalam labia majora sehingga hampir tak bisa kelihatan lagi.

Beberapa orang menganggap bentuk ini paling langka dan menarik karena bentuknya mirip area vagina pada boneka Barbie. Namun menurut dokter, bentuk seperti ini sebenarnya sudah sering ia temui.

3. Ms. Tulip

Bentuk satu ini dinamakan 'Miss Tulip' karena labia minora menyerupai bentuk buna tulip yang akan mekar. Wanita dengan bentuk Miss V seperti ini umumnya memiliki labia minora yang agak terlihat di antara labia minora. Mirip-mirip bentuk Ms. Curtains, namun labia minora yang sekilas terlihat lebih sedikit.

4. Miss Horseshoe

Bentuk Miss V 'Miss Horseshoe' memiliki bukaan vagina yang terlihat lebih lebar di bagian atas. Labia minora sedikit terbuka dan dapat langsung dilihat, sedangkan labia mayora yang menutup di bagian bawah memanjang, menyerupai bentuk tapal kuda.

5. Miss Puffs

Miss Puffs mirip dengan Miss Barbie, namun dengan bibir vagina yang seperti duduk di bawah tulang kemaluan. Pada bentuk ini, area di sekitar vagina terlihat lebih menonjol dengan labia minora yang kelihatan 'terselip'.

Setiap bentuk Miss V adalah sempurna apa adanya, sehingga para wanita tak perlu malu atau takut kalau-kalau bentuk vaginanya berbeda dari wanita-wanita lainnya. Namun jika mengalami gejala seperti bau amis, gatal, keputihan keruh atau kehijauan, dan nyeri saat bercinta, tak ada salahnya periksakan diri ke dokter ya, Ladies!



Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)